Jember Kota Pandhalungan

Rakerwil APKASI, Bupati Faida Seriusi Pembahasan Produk Lokal

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., mengajak seluruh Kepala Daerah yang turut hadir dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) wilayah Jawa Timur untuk mulai menseriusi terkait pendataan produk lokal. Menurutnya sudah tidak waktunya lagi masing-masing daerah berjalan sendiri-sendiri dalam meningkatkan pasar produk local masing-masing.

“Apkasi adalah wadah yang sangat di perlukan, karena nasib kepala daerah itu sama, dimana sekarang marketing di antara daerah-daerah bukan lagi berjalan sendiri-sendiri melainkan marketing yang bersinergitas,” tuturnya dalam Rakerwil APKASI tahun 2016 yang diselenggarakan di Pendapa Wahyawibawagraha Kabupaten Jember, sabtu (27/8/2016).

Dalam forum ini Bupati ingin segera memgkonkritkan pendataan, utamanya data akan produk-produk local. “Dan selanjutnya kita akan membuat kawasan-kawasan tersendiri, sesuai dengan potensi dan jenis produk yang ada,” imbuhnya.

Acara yang di hadiri juga oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum., dan seluruh Kepala Daerah se-Jawa Timur tersebut berlangsung cukup guyup dan meriah, mengesankan komunikasi antar kepala daerah dengan Gubernur juga sangat baik. Sehingga pembahasan-pembahasan materi yang disampaikan baik oleh Gubernur maupun kepala daerah berjalan lancar dan sarat akan makna, demi kemajuan masing-masing daerah dan Jawa Timur pada umumnya.

Pada awal acara, tamu undangan juga dihibur dengan sebuah tarian tradisional Jember yang berkolaborasi dengan musik patrol Bekoh Kerreng, sehingga semakin menambah suasana keakraban antar tamu undangan.

Gurbernur Soekarwo atau biasa dipanggil Pakdhe Karwo, menyatakan apresiasi kepada seluruh Kepala Daerah yang mempunyai semangat tinggi untuk memajukan daerahnya. Menurutnya sinergitas antar daerah memang diperlukan, di era global seperti saat ini, tidak bias berjalan sendiri melawan derasnya gempuran pasar internasional yang masuk ke daerah.

Dengan memperkuat produk local-lah maka daerah bisa kuat, didukung dengan potensi yang ada dan kepala daerah yang mumpuni dan visioner.

Di sisi lain, PAkdhe juga mengingatkan akhir-akhir ini tren pertumbuhan ekonomi cenderung rendah. “Namun dengan adanya tax amnesty ini, diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perbankan, sehingga penyaluran kredit perbankan bakal meningkat,” tuturnya.

Dengnan begitu, maka pertumbuhan ekonomi akan mampu merangkak naik terus. Selain tax amnesty, Pakdhe juga berharap adanya anggaran pemerintah yang sudah ada, bisa menjadikan stimulus pembangunan ekonomi.

Disamping itu, dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur, selain dari bersumber anggaran pemerintah tersebut, diharapkan juga ada sumber-sumber pembiayaan antra lain melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha maupun penerbitan obligasi daerah. Mendorong swasta dan BUMD agar dapat meningkatkan kontribusinya dalam perekonomian daerah.

Meskipuan saat ini, Investasi langsung di Jawa Timur secara umum sudah cukupendukung kondisi perekonomian. Namun masih terdapat cukup banyak izin prinsip yang belum terealisasi. Untuk itu, paket kebijakan pemerintah di harapkan dapat terus meningkatkan minat investasi dan mendukung realisasi investasi tersebut. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Rakerwil APKASI, Bupati Faida Seriusi Pembahasan Produk Lokal"