Jember Kota Pandhalungan

Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD kabupaten Jember

20150611_134935

Rapat paripurna sidang ketiga 2015 dalam rangka penyampaian jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap raperda tentang pertanggung jawaban APBD 2014 dan perubahan APBD Kabupaten Jember tahun 2015 digelar di ruang sidang DPRD Jember Kamis (11/6), Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Dr.NNP. Martini G, SE, M.Si dihadiri oleh Sekretaris Daerah beserta jajarannya, Muspida dan 43 anggota DPRD kabupaten Jember.

Dalam sambutannya Dr.NNP. Martini G, M.Si pada rapat yang dimulai pukul 13.56 WIB menegaskan, “sesuai PP 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah telah ditegaskan bahwa Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD sebelum diserahkan ke DPRD harus di lakukan audit terlebih dahulu oleh BPK, hal ini dimaksudkan agar pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan mulai dari proses perencanaan, sampai dengan pelaksanaan menjadi bukti bahwa mekanisme yang dilakukan dalam pengawasan tidak hanya sekedar formalitas dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan saja, tetapi merupakan check and balance untuk mewujudkan responsibilitas dan akuntabilitas  dalam pembangunan, oleh karena itu dengan dilandasi semangat kebersamaan dan niatan yang baik tentu akan dapat meningkatkan kualitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Demikian juga perubahan apbd 2015, kita tahu bahwa apbd merupakan motor penggerak perekkonomian daerah yang dialokasikan dalam ketentuan pembangunan daerah merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Mengawali Jawaban atas tanggapan umum dari fraksi-fraksi DPRD kabupaten Jember Bupati Jember MZA Djalal menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kesemua fraksi atas pandangan dan penilaiannya terhadap nota keuangan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban 2014 dan rancangan perubahan apbd tahun 2015. Tentu semua saran dan penilaian yang telah disampaikan merupakan masukan berarti dan berharga.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jember tentang Jawaban Bupati Jember terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD pada hari Kamis, 11 Juni 2015 selesai dan ditutup tepat pada pukul 14.25 WIB.

Dalam wawancara MZA Djalal mengatakan, “Perguruan tinggi negeri maupun swasta memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di kabupaten jember. Dimana puluhan ribu mahasiswa itu 60-70% berasal dari luar kota,jadi jika perguruan tinggi kita bantu makin lama makin berkembang maka disisi lain jember menjadi destination pendidikan dan akan meningkatkan perekonomian daerah jangka panjang”.(*)

No Response

Comments are closed.