Jember Kota Pandhalungan

Ratusan Murid TK Ikuti Manasik Haji

Ratusan siswa Taman Kanak-kanak (TK) se Kabupaten Jember berkumpul di Pondok Pesantren Darush Sholah Tegal Besar Kecamatan Kaliwates, Rabu (14/9/2016).

Mereka berkumpul sejak pukul 07.00 dengan didampingi orang tua dan guru masing-masing. Ratusan siswa TK tersebut berkumpul untuk belajar menunaikan ibadah haji.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jember Hj Maimunah Muqit Arief, MPdi hadir dan membuka acara Manasik Haji Kecil (MHK) tersebut.

Dalam sambutannya istri dari wakil Bupati Jember Drs.KH.A.Muqit Arief tersebut memberikan apresiasi yang tinggi akan antusiasme dan semangat para peserta, utamanya murid-murid.

“Kami sangat mengapresiasi atas digelarnya acara Manasik Haji Kecil ini. Hal ini memberikan semangat kepada murid-murid TK tentang tata cara ibadah haji,” katanya.

Masih kata Hj Maimunah, murid TK tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan umum di sekolah saja. Namun juga diberikan ilmu pengetahuan agama, termasuk ilmu tentang tata cara berhaji yang benar sesuai syariah islam.

“Kegiatan positif ini harus terus dilaksankan setiap tahun agar dapat memberikan ilmu agama kepada anak didik sejak dini,” ujarnya.

Hj Maimunah berharap agar murid TK cakap ilmu. Tidak hanya ilmu pengetahuan, namun juga ilmu agama yang berguna di masa depan, dunia dan akhirat.

Sementara itu, Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Jember Hj Emi Kusminarni mengatakan bahwa kegiatan Manasik Haji Kecil ini merupakan program rutian setiap tahun di lingkungan pendidikan Muslimat NU Jember.

“Kagiatan MHK ini dilaksanakan guna menumbuhkan semangat berhaji sejak usia dini,” tuturnya.

Senada dengan Ketua Muslimat NU Jember, salah satu panitia kegiatan Umi Haroh mengungkapkan bahwa ratusan siswa TK tersebut berkumpul untuk belajar naik haji.

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan Manasik Haji Kecil dimana pesertanya anak didik tingkat TK di lingkup PGTK Muslimat NU,” jelasnya.

Masih menurut Umi, sekitar 20 lembaga pendidikan TK melaksanakan MHK yang setiap tahun diadakan secara rutin.  “Tahun ini sudah yang ke-17, dan kedepan akan tetap kami laksanakan sebagai program rutin,” ujarnya.

Umi menjelaskan, ratusan siswa tersebut dibagi ke dalam 61 kloter yang setiap kloter terdiri dari 10 hingga 15 murid.

Pantauan di lapangan, wali murid yang mengantar hanya dibolehkan menunggu di area luar kegiatan Manasik Haji Kecil tersebut. Para murid terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan itu hingga selesai. Tak kalah bersemangat adalah para pemandu dan guru. (*F2)

No Response

Leave a reply "Ratusan Murid TK Ikuti Manasik Haji"