Jember Kota Pandhalungan

Ratusan Pasutri, Ikuti Istbat Nikah Massal

Program sidang keliling itsbat nikah massal dan pelayanan administrasi kependudukan hari ini, Rabu (18/5/2016), tiba giliran di Kecamatan Puger.

Masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang hukum. Salah satunya tentang hukum pernikahan yang masih sering di abaikan serta kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat.

Untuk itu IAIN Jember, bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Dispenduk Kabupaten Jember, Kementrian Agama, LKBHI IAIN Jember, menggelar sidang istbat massal keliling dari satu daerah ke daerah lain.

Kegiatan, yang hari ini diselenggarakan di wilayah Kecamatan Puger langsung di hadiri dan disaksikan oleh Wakil Bupati Jember, Drs. A. Muqit Arief, H.M. Rosyadi Badar, M.Pd.I, Kepala Kemenag Jember, Ketua PA Jember, Drs. H. A. Imron A.R,SH, MH, Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE, MM, dan Muspika Kecamatan Puger.

Menurut Martoyo, S.H.I,M.H, Direktur LKBHI IAIN Jember mengatakan, acara ini di gelar karena hasil dari sinergi dengan beberapa instansi. Dan. Karena buku nikah ini sangat berpengaruh bagi masyarakat itu sendiri. Jika suatu keluarga tidak mempunyai buku nikah akan berdampak pada administrasi yang lain seperti pembuatan akte kelahiran, pasport. “Semua program ini tidak dikenakan biaya atau tidak ada pungutan sama sekali,” jelasnya.

Itsbat nikah kali ini ada sekitar 110 pasangan di Kecamatan Puger lebih besar dari pada Kecamatan Wuluhan yang di selenggrakan kemarin yaitu kurang lebih 97 pasangan.

Syarat untuk pendaftarannya cukup foto copy KTP, KK, Surat Keterangan Desa, dan KUA.

Sedangkan Wabup menyampaikan dalam sambutannya, akan membangun Jember lebih baik lagi khususnya dalam hal sulitnya pembuatan buku nikah dan pelayanan pembuatan akte kelahiran, KTP dan sebagainya. Wabup meminta kepada para petugas agar tidak ada lagi hal semacam ini.

Wabup juga menambahkan akan berdiskusi dengan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., untuk meberikan fasilitas mobil kepada Dispenduk agar lebih mudah untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Wabup juga mengapresiasi atas apa yang di lakukan oleh mahasiswa IAIN karena sudah menerima usulannya untuk bersinergi dengan instansi yang lain.

Masyarakat Puger yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa dengan adanya program seperti itu, sangat membantu dan meringankan beban masyarakat tidak mampu. (Zikin)

No Response

Leave a reply "Ratusan Pasutri, Ikuti Istbat Nikah Massal"