Download Logo HUT RI 72

Ratusan Pemilik Warkop dan Warung Klontong Berjaringan Dibekali Ketrampilan

HUT RI 72

Untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik warung kopi dan warung klontong yang banyak tersebar di Kabupaten Jember, Pemerintah Kabupaten Jember menyelenggarakan pelatihan.

Pelatihan diselenggarakan di Gedung Diklat Pemkab Jember yang berlangsung selama 4 hari, mulai 20 sampai 23 Desember 2016.

Pada hari pertama, Selasa (20/12/2016), pelatihan diikuti oleh pemilik warung kopi di 12 kecamatan. Bupati menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan tahapan pertama.

“Nanti tahun 2017 akan ada 200 peserta dan tiap tahun akan melatih 200 orang,” jelas Bupati Jember dr. Faida MMR. “Saya ingin ini menjadi paguyuban warung kopi,” imbuhnya.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten menargetkan ada 1000 warung kopi berjaringan serta 1000 warung rakyat berjaringan.

Peserta pelatihan tersebut akan mendapatkan keterampilan meracik dan menyajikan kopi yang khas Jember. Peserta juga mendapatkan pelatihan terkait manajemen pembukuan yang sederhana.

Selain keterampilan, peserta juga mendapatkan bantuan sejumlah peralatan untuk usaha mereka seperti kopi bubuk.

Berjaringan, masih kata Bupati, merupakan koneksitas distribusi bahan-bahan yang diperdagangkan. Artinya ada pemutusan rantai distribusi. Dengan berjaringan bahan diperoleh langsung dari produsen atau distributor pertama.

Pada pelatihan itu juga ditandatangani komitmen dukungan terhadap program warung kopi dan warung rakyat berjaringan.

Selain Bupati, komitmen ditandatangani oleh Komisi B DPRD, Bank Indonesia, Bank Jatim, BNI, Bank Mandiri, BRI, Sub Dolog Divre Jember, Puslit Kopi Kakao, PDP Kahyangan, ISEI, asosiasi petani kopi, serta sejumlah lembaga pengusaha.

Bupati berharap warung kopi maupun warung rakyat berjaringan mampu berkembang sehingga membuka peluang kerja. (*F2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Ratusan Pemilik Warkop dan Warung Klontong Berjaringan Dibekali Ketrampilan"