Jember Kota Pandhalungan

REKREASI KELUARGA DI PAMERAN ORIGAMI

IMG_3986

Pagi itu suasana ruang tengah Pendopo Wahya Wibawa Graha dipenuhi sejumlah ibu-ibu yang sedang asyik melipat kertas. Setumpuk kertas warna-warni berada disampingnya. Tumpukan kardus-kardus tersusun rapi di sudut ruangan. Mereka sedang mempersiapkan gelaran Pameran Origami dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang akan dihelat pada 8-10 Juni 2015 di GOR PKPSO, Kaliwates.

Setelah sukses menyelenggarakan Lomba Origami pada 9 Mei yang lalu di Jember Sport Garden, Dinas Pendidikan Pemkab Jember bekerjasama dengan TP PKK Kab Jember juga akan menggelar pameran origami selama 3 hari. Pameran ini dipastikan menarik karena diikuti oleh berbagai unsur yaitu Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dari 31 kecamatan, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dari 31 kecamatan dan Dharma Wanita Pemkab Jember.

TEMA-TRANSPORTASI

Salah satu tema transportasi

“Setiap hari sampai hari H dari pagi sampai sore mereka berkumpul disini mempersiapkan pelaksanaan pameran” ujar Ketua TP PKK Kab. Jember Sri Wahyuni Djalal. Ibu-ibu sangat antusias untuk mempersiapkan sejumlah tema yang akan ditampilkan pada pameran origami. Pameran origami nantinya akan memamerkan 13 tema yaitu garden, dinosaurus, insect, animal, wild animal, transportasi, unggas, home decoration, biota laut, dll. “Sudah 60% persiapannya”, kata Sri Wahyuni.

Di sudut ruangan tampak beberapa background dari tema-tema yang akan ditampilkan. Tema transportasi misalnya, menampilkan kreasi seni origami yang menggambarkan jalan raya lengkap beserta rambu lalu lintas. Juga ditampilkan runway dari landasan pacu. Kemudian ada juga tampilan sarang laba-laba untuk tema insect. Dapat dipastikan ketika nantinya tema-tema tersebut dipamerkan, hasilnya akan memukau. “Pameran mendatang ini pastinya menarik, karena akan disajikan aneka ragam bentuk dan rupa serta warna-warni yang indah”, tutur istri Bupati Jember ini. Tidak hanya akan menarik bagi anak-anak, tapi juga bagi orang tua. Karena keindahan dan keunikan origami dapat menarik minat siapa saja.

Sri Wahyuni tampak antusias memberikan arahan. Sesekali dia turut mengambil kertas dan memberikan contoh teknik melipat. Dia benar-benar mempersiapkan pameran ini agar bisa menarik minat masyarakat untuk hadir dan menonton. Dia melihat origami memiliki manfaat yang sangat besar dalam tumbuh kembang anak. “Origami bisa melatih daya ingat anak, melatih daya mootorik anak”, ujarnya. Dia berharap dan mengundang para orang tua untuk datang bersama putra-putrinya dalam ajang pameran ini. “Saya mengundang kepada seluruh masyarakat Jember untuk datang pada pameran origami ini”, ajaknya.

Oleh karena itu jangan sampai terlewat untuk menyaksikan keindahan dan keunikan seni origami yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tanggal 8-10 Juni 2015 di GOR PKPSO, Kaliwates. Ajak putra-putri untuk berekreasi, bermain sekaligus belajar seni melipat kertas.

No Response

Comments are closed.