Jember Kota Pandhalungan

Ribuan Dhuafa Bakal Dapat Pelayanan Operasi Gratis

Rapat terkait operasi gratis untuk 5000 kaum dhuafa pagi tadi, Selasa (24/5/2016) digelar oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati, Drs. KH. A. Muqit Arief. Dalam rapat ini, juga dihadiri oleh Dandim 0824, Letkol Inf. Muhammad Nas, Wa Aster (Wakil Asisten Teritorial), dan Ka Kesdam V/Brawijaya, serta jajaran pimpinan SKPD terkait, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah, perwakilan Kepala Puskesmas, dan juga jajaran Muspika se – kabupaten.

Selain sebagai wujud kepedulian pimpinan daerah terhadap orang tidak mampu, hal ini juga merupakan wujud nyata bahwa kepedulian Bupati Faida kepada rakyat bukan hanya pada saat Pilkada saja.

“Kalau bansos tahun kemarin masih terkendala karena suasana pilkada untuk aksi kemanusiaan, untuk itu kita kembali ke dunia profesionalisme masing-masing karena aksi ini tidak ada kaitannya dengan aksi pilkada,” tegasnya.

Aksi seperti ini akan terus berjalan dengan ada dan tidak adanya pilkada. Bupati minta semua pihak mempunyai kepedulian dan sumbangsih kepada aksi ini. Masalah ini tidak akan selesai apabila hanya rumah sakit Bina Sehat saja yang menanganinya. “Saya minta agar instansi yang lain juga dapat memberikan bantuan terhadap kaum duafa,” imbuhnya.

Aksi sosial tersebut selama ini diikuti oleh pasien dari mana-mana. Operasi dilakukan di Jember dan 5 kabupaten sekitar seperti Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang, Situbondo dan sudah berjalan kurang lebih 1 tahun.

5000 kaum dhuafa yang bakal menjalani operasi gratis antara lain penderita dari 9 kasus diantaranya katarak, hernia, jari lebi, bibir sumbing, dan kaki pengkor.

Sampai sekarang jumlah pasien yang masuk atau terdaftar sekitar 11.893 termasuk pasien BPJS(7,7%)  yang pelayanannya akan tetap mengunakan prosedur BPJS. Karena bantuan ini di khususkan kepada pasien yang tidak mempunyai BPJS atau asuransi lainnya serta tidak mampu dalam biaya.

Secara serentak aksi sosial ini dimulai bulan Juli dan bakal berakhir tepat pada HUT TNI tanghal 5 Oktober 2016 mendatang. (Zikin, Mutia)

No Response

Leave a reply "Ribuan Dhuafa Bakal Dapat Pelayanan Operasi Gratis"