Ribuan Guru Madin Bersilaturahmi Dengan Bupati

Kurang lebih 5.000 guru Madin (Madrasah Diniyah) hadir memenuhi Gedung Balai Serba Guna (BSG) Kaliwates, Jember Rabu (30/8/2017). Ribuan guru tersebut sengaja hadir untuk mengikuti pengukuhan DPC Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah, sekaligus juga bersilaturahmi dengan Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Jember KH. Fahrur Rozi MH.I, Ketua DPW FKDT Wilayah Jawa Timur Satuham Akbar MAG, Ketua DPC FKDT Jember Yusfihadi.

Pada kesempatan luar bias tersebut, Ketua DPW FKDT wilayah Jawa Timur Satuham Akbar MAG menyampaikan dukungannya kepada Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember untuk terus memimpin hingga periode selanjutnya.

Selain menyampaikan dukungannya kepada Bupati dan Wabup, Satuham juga menjelaskan program FKDT terdiri dari banyak hal, salah satunya Porsadin suatu kegiatan lomba mengenai kesenian juga olahraga tingkat nasional. Untuk itu FKDT Kabupaten Jember di minta untuk terus melatih kemampuan santri, supaya kembali mendapat juara kegiatan yang ada dua tahun sekali ini.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Jember KH. Fahrur Rozi MH.I, menyampaikan selamat kepada segenap pengurus yang baru terlantik dan dapat melaksakan tugasnya dengan baik. “Rencanakan program kedepan demi kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Jember.” Tuturnya.

Bupati Faida sendiri menyampaikan, Pemkab Jember sudah memiliki Perda tentang aturan baca tulis Al-Qur’an dan tahun 2017 APBD Kabupaten Jember menganggarkan untuk guru madin, yang sebelumnya tidak ada anggaran untuk guru madin.

“Anak-anak muslim di Jember yang hafid Al-Qur’an maupun satu jus bebas memilih sekolah negeri maupun swasta tanpa tes.” Tegasnya.

Menurut Bupati, Pendidikan yang lengkap yaitu pendidikan dunia dan akhirat, dengan ilmu agama hidup jadi terarah dengan ilmu pengetahuan hidup jadi lebih mudah. Selain itu, pada kegiatan yang luar biasa ini, Bupati Faida kembali menyampaikan tentang anggaran untuk sekolah gratis, di Jember di berikan BOSDA melalui pendidikan gratis yang di antaranya anggaran tersebut di alokasikan untuk honor pengajar baca tulis Al-Qur’an di sekolah sekolah umum.

“Saya berharap di sekolah umum siswa muslim yang belum mendapat pengajaran baca tulis Al-Quran yang fullday school akan di programkan di hari tidak sekolah agar juga dapat belajar baca tulis Al-Qur’an.” Imbuhnya.

Di titipkan oleh Bupati Faida kepada segenap guru madin untuk mengawal lahirnya generasi Qur’ani, generasi yang cinta tanah air. Pancasila bukan agama tetapi anugerah bagi kita semua yang bisa mempersatukan perbedaan kita semua bangsa Indonesia yang harus kita pertahankan kesatuannya.

“Selamat kepada pengurus FKDT yang terlantik dan selamat bertugas selamat berjuang.” Tuturnya kembali. Dan di harapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember demi kemaslahatan masyarakat juga untuk membantu anggota madin untuk menyelesaikan pendaftaran madin agar mendapat fasilitas dari Pemerintah. (Izza, Mutia)

No Response

Comments are closed.