Ribuan Lansia, Senam Bersama Bupati Faida

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., senam bersama 3000 Lansia pagi tadi. Kegiatan senam bersama ini diselenggarakan dalam rangka Hari Lanjut Usia Ke-21 yang mengangkat tema “Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera”, dan berlangsung di pusat kota, Alun-alun Jember pada Sabtu pagi (13/05/2017).

Bupati Faida hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Jember, Ny. Hj. Maimunah Muqit, Plt. Sekda Kabupaten Jember, Ir. Mirvano beserta segenap jajaran OPD terkait.

Pada acara yang penuh semangat ini ditandai juga dengan penyerahan bantuan oleh Bupati Faida kepada lansia berpotensi sekaligus juga pemberian tali asih dan sembako bagi lansia.

“Hari yang istimewa adalah hari lansia di Kabupaten Jember.” Tutur Bupati Faida.

Dalam memperingati hari lanjut usia Pemerintah Kabupaten Jember selalu memperingati di alun-alun sebagai bentuk penghormatan kepada sesepuh.

Berdasar data lansia di BPS, terdapat sebanyak 254.350 jiwa atau 10,17 persen dari seluruh penduduk Jember, yang berarti setiap 10 orang di Jember ada 1 orang lansia.

Total pemberian sembako untuk lansia yang sudah disiapkan Pemkab dan diserahkan Bupati sebanyak 6100 paket. Bantuan lansia yang sudah tersalurkan sebanyak 1200 orang. Bantuan serupa juga di serahkan kepada beberapa orang lansia kurang mampu yang bekerja sebagai kopling atau kopi keliling di sekitar alun-alun Jember.

Bupati juga berpesan kepada Dinas Sosial untuk segera menuntaskan pembentukan Karang Weda di setiap desa supaya lansia terorganisir dan terurus dengan baik. Sesuao data yang ada di Jember baru tercatat 230 Karang Weda, sehingga masih ada desa yang belum memiliki Karang Weda.

Program lain yang juga dicanangkan untuk Lansia, yakni bedah kamar bagi lansia bagaimana lansia punya kamar yang layak.

Bupati Faida juga berharap adanya partisipasi lansia berpotensial dalam pembangunan di Kabupaten Jember, dengan cara ikut serta menjaga dan memperhatikan generasi muda agar tidak menghancurkan diri nya dalam penyalahgunaan narkoba.

“Mari kita hidup gotong royong, rukun, hidup damai tolong-menolong dan menebar kasih sayang dengan satu sama lain, tengok kehidupan jangan sampai ada yang terlantar di kanan kiri kita.” Himbau Bupati.

10 persen masyarakat Jember adalah lansia tentu saja ini sebagai potensi sumberdaya tidak bisa di abaikan yang mana lansia ini di bagi menjadi dua kelompok yaitu lansia yang bisa mandiri dan lansia yang tidak bisa mandiri bahkan ada bagian yang terlantar dan ini menjadi perhatian utama bagi Pemerintah Kabupaten Jember. (Izza)

No Response

Comments are closed.