Campak Rubella

Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Pandhalungan Show

Karnaval Pandhalungan Show Kabupaten Jember tahun 2017 yang digelar tadi siang, Sabtu (26/8/2017) diikuti hampir sepuluh ribu peserta.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jember Dedi M Nurahmadi SP. MSi., menyampaikan Karnaval Jember Pandhalungan tahun 2017, menempuh rute yang sama seperti tahun sebelumnya. “Karnaval tahun ini menempuh jarak sekitar 5 km dengan start dan finish di halaman gedung serba guna.” Jelasnya.

Dengan dimeriahkan oleh peserta sebanyak kurang lebih 9.553 yang terbagi dalam 64 defile.

Di antaranya terdapat defile kehormatan yang menjadi defile pertama terdiri dari para pejabat Pemerintah Kabupaten Jember, Paskibraka dan juga masyarakat. Defile yang lain terdiri dari 31 regu defile kecamatan, defile OPD 26 regu, defile sekolah 2 regu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati dan memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, juga mensosialisasikan produk unggulan dan pengembangan serta pembangunan Kabupaten Jember beserta hiburan kepada masyarakat Kabupaten Jember.

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., membuka secara resmi karnaval Pandhalungan. Sebelum membuka dan sekaligus memberangkatkan peserta karnaval, disampaikannya bahwa Jember sudah di nobatkan oleh Presiden melalui menteri pariwisata sebagai kota karnaval.

“Jember bukan hanya punya Jember Fashion Carnaval tetapi Jember juga punya karnaval lainnya dan tidak kalah menarik karnaval tradisional yang sudah lama berada di Kabupaten Jember sejak tahun lalu di bangkitkan kembali.” Tuturnya.

Bangkit dengan mengangkat budaya Pandhalungan Kabupaten Jember, maka Bupati berharap karnaval tradisional ini dapat mengangkat suatu khas daerah Kabupaten Jember.

Bupati Faida mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang dan bangga atas partisipasi generasi muda yang turut serta dalam karnaval, di harap juga karnaval ini menjadi kesempatan marketing pemasaran produk-produk lokal.

“Saya yakin kedepan karnaval ini dapat menjadi lebih baik dan menjadi satu dari festival kebanggaan yang mampu mengundang tourist dari dalam maupun luar negeri.” Imbuhnya.

Semangat ini tidak akan dihentikan sampai tahun ini saja, namun terus berkelanjutan.

“Saya harap kita semua tetap dapat mengacu pada ideologi kita, tidak lepas dari bhineka ketunggalikaan kita karena kita semua Pancasila.” Pesan Bupati memgingatkan.

Karnaval berjalan sesuai dengan urutan setiap defile dengan penuh kreatifitas dari Pandhalungan. Sehinnga cuaca yang panas tak menyurutkan semangat peserta. Apalagi mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat. (Izza, Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.