Jember Kota Pandhalungan

RSD Balung Beri Pelayanan Papsmear dan Sadari Gratis

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Jember ke-87 yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2017, dan HUT ke-15 Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung tanggal 2 Januari 2017, hari ini, Jumat (11/11/2016) melaksanakan kegiatan pelayanan gratis pemeriksaan dini kanker leher rahim (Papsmear) dan deteksi dini kanker payudara (Sadari) kepada masyarakat pengguna BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas, Jamkesda, Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 wib hingga 12.00 wib tersebut juga bakal dilaksanakan kembali pada tanggal 18 Nopember 2016 mendatang. Jadi bagi warga masyarakat yang belum mendaftar, bisa menghubungi petugas yang ada di rumah sakit.

“Kegiatan Papsmear dan Sadari ini merupakan kegiatan pendahuluan dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Jember dan RSD Balung.” Terang Plt. Direktur RSD Balung, drg. Nur Cahyohadi MARS., usai meninjau pasien siang tadi.

Disamping itu, kedua kegiatan tersebut juga sebagai bentuk sinergi pelayanan kesehatan antara Pemkab Jember yang diwakili RSD Balung dengan Mitra Kerja yaitu BPJS Cabang Jember dan Laboratorium Parahita Jember. Masih menurut drg. Nur Cahyohadi, total pendaftar akan kedua kegiatan tersebut sampai hari ini ada 61orang, dengan rincian 48 peserta BPJS, 1 peserta KIS, 9 peserta umum (membayar Rp 110.000,-), 3 peserta ditunda karena dalam kondisi usai haid.

Menanggapi pertanyaan masyarakat, kenapa RSD Balung pada rangkaian kegiatan ulang tahunnya melayani Papsmear dan Sadari secara gratis, pihaknya menjelaskan bahwa semakin banyaknya pasien penderita kanker, khususnya kaum hawa. “Karena kejadian keganasan yang mengenai wanita Indonesia dan dunia adalah Kanker Rahim dan Payudara, dan untuk menurunkan kejadian yang tidak diinginkan salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan tindakan pencegahan, yaitu deteksi dini dengan Papsmear dan Sadari,” imbuhnya.

Sesuai data yang ada tahun 2016 hingga bulan oktober, ada 27 pasien Ca Cervix di RSD Balung. Yang selanjutnya dirujuk ke RS dr. Soetomo Surabaya atau RS dr. Syaiful Anwar Malang. Sedangkan untuk kasus keganasan kanker payudara tahun 2016 ini hingga bulan Oktober mencapai 30 kasus. Dan setelah ditangani di RSD Balung, sebagian dirujuk ke RS dr. Soebandi Jember.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kualitas, RSD Balung juga bakal menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop sesuai spesialisasi pelayanan yang ada di RSD Balung, dengan target audiance, tenaga medis, tenaga kesehatan dan masyarakat awam serta tenaga kesehatan lainnya. (*)

No Response

Leave a reply "RSD Balung Beri Pelayanan Papsmear dan Sadari Gratis"