Jember Kota Pandhalungan

RSIA Srikandi IBI

1201 views

RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SRIKANDI

IBI CABANG JEMBER

Jl. KH. Agus Salim No. 20 Telp./ Fax. (0331) 335290 Jember

2011

 

Latar Belakang
Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Srikandi IBI Jember adalah rumah sakit khusus yang mengutamakan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Dengan diawali kemauan dan semangat kebersamaan para anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Dimulai pada tahun 1990 IBI menyewa klinik KIA/ KB yang terletak di sekitar jalan Pajajaran Jember, yang kemudian pada tahun 1992 klinik KIA/ KB tersebut ditutup. Pada tahun 1994 IBI menyewa gedung dengan dua lantai selama lima tahun yang terletak di sekitar jalan Ahmad Yani, dimana lantai atas dipergunakan sebagai kantor sekretariat dan lantai bawah dipergunakan untuk pelayanan KB/ KIA.

Pada tahun 1996 tepatnya tanggal 10 September, dengan semangat dan keberanian, anggota IBI mampu membeli tanah yang terletak di jalan KH. Agus Salim Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Pada tanggal 15 September 1998 dibangunlah Klinik Model yang diresmikan oleh Bapak Imam Utomo Suparno selaku Gubernur KDH Tingkat I Jawa Timur.

Pada tanggal 24 Juni 2003 dibangun gedung RSIA Srikandi IBI Jember di atas tanah seluas 1.826 m2. Yang kemudian diresmikan pada tanggal 28 Juli 2005 oleh pengurus pusat IBI dan diterbitkan ijin penyelenggaraan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Srikandi Jember oleh Menkes RI tertanggal 13 Desember 2005.

Visi

Rumah sakit pilihan dengan pelayanan ibu dan anak yang berkualitas dan terjangkau.

Misi

  1. Menyelenggarakan pelayanan medis, penunjang medis dan non medis yang bermutu dan profesional.
  2. Menyelenggarakan pelayanan asuhan kebidanan dan keperawatan.
  3. Menyelenggarakan pelayanan rujukan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan SDM.
  5. Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan.
  6. Mewujudkan kepuasan pelanggan melalui optimalisasi kinerja dan relation marketing.

Motto

Melayani dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Strategi

  1. Mewujudkan efisiensi dan efektifitas pelayanan.
  2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang optimal, melalui pengembangan SDM, sarana dan prasarana.
  3. Mengadakan survei kepuasan pelanggan secara berkala.

Tujuan

1.      Umum

Terwujudnya profesional SDM, pengembangan sarana prasarana rumah sakit yang mampu meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat, serta meningkatkan prafitabilitas melalui relation marketing.

2.      Khusus

  1. Terselenggaranya pelayanan kesehatan rumah sakit khususnya ibu dan anak yang berkualitas dan berbasis pelanggan sesuai standar.
  2. Tersedianya SDM baik medis, maupun non medis untuk memberikan pelayanan medis dasar, spesialistik, penunjang, dan administrasi.
  3. Tercapainya kriteria RSIA Srikandi sebagai organisasi pelayanan kesehatan perorangan yang profesional berdaya saing tinggi serta berperan dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Anak.

Pelayanan di RSIA Srikandi :

      1. Poliklinik Umum.
      2. Poliklinik Gigi dan Mulut.
      3. Poliklinik Kebidanan dan Kandungan.
      4. Poliklinik Anak.
        • Ruang Kasus Anak dan Kasus Nifas
        • Perawatan VIP (Paviliun I dan Paviliun II)
        • Perawatan Kelas I (Atas dan Bawah)
        • Perawatan Kelas II (Atas dan Bawah)
        • Perawatan Kelas III A
        • Perawatan Kelas III B
        • Unit Laboratorium Klinik.
        • Unit Rekam Medik.
        • Unit Farmasi.
        • Unit Gizi.
        • Unit Laundry.
        • Unit Pemeliharaan Sarana Prasarana RS.
        • Unit Pemulasaran Jenasah.
      5. Poliklinik KB dan KIA.
        • Unit Gawat Darurat.
        • Rawat Jalan.
        • Rawat Inap.
        • Ruang Kamar Bersalin.
        • Ruang Perinatologi.
        • Kamar Operasi dan Post_Op (Ruang Pemulihan).
        • Penunjang Medis.
        • Penunjang Non Medis.

H.    Sarana dan Prasarana :

      1. Gedung Pelayanan.
      2. Gedung Perkantoran.
      3. Alat Medis dan Non Medis.
      4. Kendaraan (Mobil Ambulance)
      5. Penyediaan Sarana Air Bersih
      6. Pembuangan limbah kerja sama dengan DKLH
      7. Unit Pengolahan Air Limbah

I.       Sasaran Pelayanan

      1. Pasien umum (khusus Ibu dan Anak).
      2. Pasien umum rawat jalan (juga khusus Jamsostek).dan JPKM

 J.      Pelayanan RSIA Srikandi IBI Jember

Pelayanan kesehatan perorangan yang mengutamakan pelayanan Kuratif (Pengobatan) dan Rehabilitatif (Pemulihan) yang ditunjang oleh pelayanan Promotif (Promosi) dan Preventif (Pencegahan).

Pelayanan Rawat Jalan

1.  Unit Gawat Darurat.

Pelayanan 24 jam dengan tenaga dokter dan perawat terlatih, dilengkapi ruang dan peralatan yang memadai.

2.  Poliklinik Umum.

Melayani semua pasien umum dan jamsostek rawat jalan dan ditangani oleh dokter umum.

3.  Poliklinik Gigi.

Ditangani Dokter Gigi

          1. Perawatan endodontik/ perawatan syaraf gigi.
          2. Pembersihan karang gigi.
          3. Penambalan dan pencabutan gigi.
          4. Poliklinik Kebidanan dan Kandungan.

Dilayani oleh Bidan terlatih dan Dokter Spesialis Kandungan.

          1. ANC (Ante Natal Care).
          2. PNC (Post Natal Care).
          3. USG (Ultrasonografi).
          4. Keluarga Berencana dan Konsultasi KB.

4.  Poliklinik Anak.

Ditangani oleh Dokter umum serta dibantu paramedis yang terlatih.

          1. Pemeriksaan Bayi Sehat.
          2. Pemeriksaaan Bayi Sakit.
          3. Pemeriksaan Balita Sakit.
          4. Imunisasi Dasar

Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak.

Dilayani oleh Dokter umum serta dibantu Paramedis yang terlatih.

Pelayanan Rawat Inap

          1. Ruang Perawatan Paviliun
            1. Ruang Perawatan Kelas I
            2. Ruang Perawatan Kelas II
            3. Ruang Perawatan Kelas III
            4. Ruang Perawatan Kelas III A
            5. Ruang Perawatan Anak
            6. Ruang Perinatologi
            7. Ruang Kamar Bersalin
            8. Kamar Operasi dan Ruang Pemulihan
            9. Ruang Tindakan KB dan KIA
            10. Unit Laboratorium
            11. Unit Farmasi
            12. Rekam Medik
              • Penyampaian data statistik pasien rawat jalan maupun rawat inap.
              • Pelayanan resume medis.
              • Unit Gizi

Pelayanan Penunjang medis

      1. Unit Laboratorium
      2. Unit Farmasi

Pelayanan Penunjang Non Medis

Konsultasi Gizi, pengaturan menu.

      1. Transportasi

Mobil Ambulance untuk Pasien.

      1. Laundry
      2. Sarana Pembuangan Limbah

Limbah medis dan non medis diambil oleh truk DKLH setiap hari

    1. Komunikasi
    2. Sarana Penerangan
    3. PLN dengan Kapasitas 13.200 watt sebanyak 2 unit.
    4. Genset dengan Kapasitas dengan 10.000 KVA.
    5. Sarana Air Bersih
    6. PDAM
    7. Sumur Bor dengan tandon air
    8. Cleaning Service
No Response

Comments are closed.