Jember Kota Pandhalungan

RSUD Kaliwates

693 views

 LATAR BELAKANG

Perubahan adalah elemen utama untuk meraih keberhasilan suatu organisasi, termasuk rumah sakit dalam menyongsong era globalisasi yang telah diambang pintu, organisasi termasuk rumah sakit harus mampu menerapkan upaya yang positif terhadap adanya perubahan.

Oleh karena itu dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang dimana bisnis rumah sakit akan menjadi semakin kompetetif, rumah sakit dituntut untuk mampu membangun keunggulan kompetitif melalui upaya agar mampu mengatasi setiap kelemahan dan ancaman yang ada, melalui upaya bersama dari seluruh sumber daya manusia rumah sakit melalui peningkatan kompetensi dengan komitmen yang tinggi. Dengan kondisi yang ada saat ini, Rumah Sakit Umum Kaliwates menghadapi tantangan berat saat memasuki persaingan yang ketat pada era globalisasi, khususnya AFTA pada tahun 2010.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, pihak manajemen harus mampu membangun partisipasi aktif dengan komitmen yang tinggi bagi seluruh sumber daya manusia RSU Kaliwates dalam meningkatkan pelayanan rumah sakit untuk membangun masa depan RSU Kaliwates. Hal ini akan sulit terwujud tanpa adanya kemampuan manajemen rumah sakit yang optimal. Manajemen RSU Kaliwates akan dapat optimal bila ditunjang oleh para SDM rumah sakit yang memiliki kompetensi, loyalitas dan berdedikasi tinggi. SDM RSU Kaliwates harus mampu menjadi panutan dan merupakan sumber inspirasi dari perubahan yang akan dilaksanakan dalam upaya meningkatkan citra RSU Kaliwates melalui peningkatan produktifitas dan mutu pelayanan.

 

Berdasarkan hal tersebut diatas, dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, RSU Kaliwates harus menghadapinya melalui organisasi yang kokoh, dengan para karyawan yang handal. Agar arah dan tujuan yang akan dicapai jelas, RSU Kaliwates harus menetapkan  perencanaan yang berbasis manajemen strategis. Perencanaan yang dibuat harus dapat menjadi sumber inspirasi bagi seluruh personel RSU Kaliwates dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penetapan sasaran yang spesifik, terukur, agresif, berorientasi pada hasil dalam kurun waktu yang jelas (spesifik, measurable, aggresive, result oriented, time bound) akan menjadi acuan target manajemen dan menjadi tolok ukur berhasil atau tidaknya manajemen RSU Kaliwates.

Dalam melaksanakan semua upaya untuk meningkatkan citra RSU Kaliwates, senantiasa dilandasi dengan semangat  “Melayani Dengan Hati Dan Penuh Cinta Kasih“

 

PROFIL RUMAH SAKIT UMUM KALIWATES

Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember semula adalah Balai Kesehatan dan Rumah Bersalin yang didirikan oleh Perusahaan Perkebunan Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan  XXVI (Persero) Jember pada tanggal 27 November 1967.

Balai Kesehatan dan Rumah Bersalin didirikan untuk tujuan penyelenggaraan kesehatan di lingkungan karyawan perusahaan.  Dengan pertimbangan ekonomis dan terbatasnya Rumah sakit Bersalin di Kabupaten Jember, maka perusahaan melakukan terobosan kearah pengembangan usaha dengan merubah status Balai Kesehatan menjadi Rumah Sakit Bersalin dan Balai Kesehatan pada tanggal  Desember 1986.

Tuntutan perkembangan Rumah Sakit semakin lama semakin besar seiring dengan perubahan dan keinginan perusahaan untuk menjadikan rumah sakit yang bermutu dan mampu bersaing dalam pelayanan kesehatan semakin besar. Melalui surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Tingkat I Jawa Timur No. 188.4/3822/15.4/1991 tanggal 9 April 1991 Rumah Sakit Bersalin dan Balai Kesehatan Kaliwates dinaikkan statusnya menjadi Rumah Sakit Anak dan Bersalin Kaliwates.

Kemajuan yang telah dicapai oleh Rumah Sakit Anak dan Bersalin Kaliwates telah membawa peningkatan status Rumah Sakit.  Setelah berjalan selama 3 tahun, Rumah Sakit Anak dan Bersalin Kaliwates mendapatkan ijin operasional untuk menjadi Rumah Sakit Umum Kaliwates dibawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Propinsi Tingkat I Jawa Timur Nomor 1884/1154/1993 tanggal 31 Desember 1993, ditetapkan di Surabaya kemudian dikokohkan dengan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor YM 02.04.3.5.2547 tanggal 2 Juni 1999 tentang pemberian ijin tetap kepada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) untuk menyelenggarakan Rumah Sakit Umum dengan nama “Rumah Sakit Umum Kaliwates” berkedudukan dijalan Diah Pitaloka 4A Jember Jawa Timur. Kemudian dilakukan perpanjangan ijin rumah sakit melalui akreditasi rumah sakit no. YM.01.10/III/7957/10 status “Lolos Penuh” berlaku 31 Desember 2010 s/d 31 Desember 2013

Adanya Undang Undang Republik Indonesia No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit : bahwa Rumah Sakit harus berbentuk badan hukum yang kegiatan usahanya hanya bergerak di bidang perumahsakitan. Sehingga pengelolaan rumah sakit tidak menjadi satu badan hukum perkebunan, maka per 1 Pebruari 2012 RSU Kaliwates dikelolan dibawah PT. Rolas Nusantara Medika

 

I.     GAMBARAN UMUM

Landasaran Hukum Keberadaan Perusahaan

Adanya Undang Undang Republik Indonesia No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit : bahwa Rumah Sakit harus berbentuk badan hukum yang kegiatan usahanya hanya bergerak di bidang perumahsakitan. Sehingga pengelolaan rumah sakit tidak menjadi satu badan hukum perkebunan, maka per 1 Pebruari 2012 RSU Kaliwates dikelolan dibawah PT. Rolas Nusantara Medika

 

PT. Rolas Nusantara Madika didirikan berdasarkan Akta Notaris Habib Adjie, SH, M. Hum Nomor 2 tanggal 1 Pebruari 2012, disahkan dengan Menteri Hukum dan HAM RI No. …………………

 

Kedudukan dan Wilayah Kerja

RSU Kaliwates beralamat di Jln. Diah Pitaloka 1 Jember  dan wilayah kerja layanan meliputi :

  1. Masyarakat Jember dan sekitarnya
  2. Karyawan PTPN XII dan batihnya
  3. Purna karya PTPN XII dan batihnya
  4. Instansi dan lembaga lainnya di Jember dan sekitarnya
  5. Masyarakat internal RSU Kaliwates dan batihnya

 

Manajemen dan Organisasi

Susunan Organisasi RSU Kaliwates adalah sebagai berikut :

Dipimpin oleh satu orang Direktur (Dr. Dwianto Budi Prabowo) ,

3 orang Manajer Bidang (Bidang Rebang, Bidang Pelayanan, dan Bidang AKU)

 

Jumlah seluruh karyawan U Kaliwatesri : Karyawan tidak tetap 109 orang (54,5 %), Tenaga Kerja tetap 91 (45,5 %). Terdiri dari 10 orang karyawan pimpinan (5 %), 190 orang karyawan pelaksana (95 %)

II.     MAKSUD DAN TUJUAN

Sesuai dengan Anggaran Dasar yang termuat dalam Akte Notaris, maksud dan tujuan adalah melakukan usaha di bidang pelayanan kesehatan.

Untuk mencapai maksud dan tujuan sebagaimana dimaksud di atas, kegiatan usaha yang dilaksanakan antara lain :

  1. Layanan rawat inap
  2. Layanan gawat darurat
  3. Layanan rawat kritis
  4. Layanan rawat jalan
  5. Layanan pengobatan gigi
  6. Layanan laboratorium
  7. Layanan Farmasi dan konsultasi obat
  8. Layanan gizi
  9. Layanan cuci darah
  10. Layanan Radiologi
  11. Layanan pertanggungan asuransi dan lainnya
  12. Layanan spesialis dan poliklinik spesialis
  13. Layanan kebidanan dan bersalin.
  14. Layanan ambulans

 


BAB II

RENCANA KERJA PERUSAHAAN TAHUN 2013

 

I.   VISI, MISI DAN NILAI-NILAI PERUSAHAAN

1.1.     Visi

Menjadi rumah sakit umum terpilih di wilayah Jember.

 

Penjelasan (arti):  

Terpilih : Menjadi rumah sakit pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan oleh karena mutu pelayanan dan kenyamanan.
Mutu Pelayanan : Pelayanan sesuai dengan standar, ramah, peduli, beretika dan berpenampilan menarik.
Kenyamanan : Tenang, tidak bising, sejuk, rapi, bersih, aman.

 

1.2.       Misi

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau
  2. Menumbuh kembangkan  rumah sakit dengan layanan unggulan dan kenyamanan lingkungan.
  3. Memberikan pelayanan kesehatan bagi karyawan perusahaan dan keluarga khususnya serta masyarakat pada umumnya.
  4. Memberikan nilai tambah kepada perusahaan, karyawan dan pemangku kepentingan

 

Penjelasan (arti) :

Bermutu : Pelayanan sesuai dengan standar, ramah, peduli, beretika dan berpenampilan menarik.
Terjangkau : pola tarif / biaya pelayanan yang disesuaikan dengan kondisi pasien (tarif umum, tarif paket)
Menumbuh kembangkan rumah sakit   adanya pernambahan nilai kekayaan (sarana-prasarana) dan penambahan / perluasan kemampuan  layanan

 

1.3.       Nilai-Nilai Perusahaan

Nilai-nilai yang dianut dalam mewujudkan Visi dan Misi berbasis pada nilai – nilai korporat “SPIRIT” , sehingga memunculkan nilai baru sebagai roh dalam menjalankan organisasi di RSU Kaliwates, yakni :  PRIMA  yang artinya : “Terbaik” ; “Yang Utama”. Prima merupakan akronim dari :

P : ProfessionalBekerja atas landasan ilmu, ketrampilan dan motivasi tinggi
R : RespectDalam bekerja memandang pelanggan internal eksternal, atasan bawahan dan sesama teman  sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam aspek humanisme (penghormatan dan penghargaan secara manusiawi)
I : InnovativeDalam bekerja selalu mencari hal  baru  untuk hasil lebihbaik
M : MoralityDalam bekerja selalu menjaga dan menjunjung tinggi moral, etika dan budi luhur
A : AcuntabilityHasil tugas  dapat dinilai dan dipertanggung jawabkan

 

1.4.       Falsafah

Melayani dengan hati, menjunjung tinggi martabat pasien dan keluarga

 

1.5.       Tujuan

Meningkatkan derajat kesehatan karyawan PT. Rolas Nusantara Medika, PT. Perkebunan Nusantara XII dan keluarga serta masyarakat luas pada umumnya

 

1.6.       Motto

“ PRIMA DALAM PELAYANAN”

 

1.7.       Alamat

  1. Alamat kantor           :  Jln Diah Pitaloka, Nomor : 1 Jember
  2. Telephone      : (0331) 485967-483567-488964–483505- 483040
  3. Kode Pos      :  68133
  4. Faximile        :  (0331) 483805
  5. Email             :  rskaliwates@ptpn12.com

Bank                : Bank Mandiri

No Response

Comments are closed.