Jember Kota Pandhalungan

Rumah Sakit TK III Baladhika Husada Jember Terima Akreditasi Terbaik dari KARS dan Rumah Sakit Awards

www.kodim0824.com. Rumah Sakit TK III Baladhika Husada Jember yang berlokasi di Jl PB Sudirman Jember merupakan salah satu Rumah Sakit TNI AD, dalam pelayanannya rumah sakit ini tidak hanya melayani TNI AD saja tetapi juga bagian dari fasilitas medis masyarakat Jember, dan masyarakat mengenalnya dengan Rumah Sakit DKT Jember.

Tidak banyak rumah sakit yang lolos akreditasi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) bahkan se eks Karesidenan Besuki baru RS TK.III Baladhika Husada Jember dan tidak tanggung-tanggung dengan nilai terbaik yaitu Paripurna dengan lambing bintang lima, bahkan dalam pelayanannya rumah sakit ini juga memenangkan Rumah Sakit Award yang dilombakan antar rumah sakit TNI se Indonesia.

Pada Rabu 25/05 Pukul 09.00 Wib bertempat diaula Rumah Sakit TK III Baladhika Husada diselenggarakan acara tasyakuran penerimaan penghargaan tersebut yang ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kakesdam V/Brw dr. Nirawan Putranto, Sp.M kepada Karumkit TK III Jember dr, Masri Sihombing, Sp.OT (K).

Hadir pada kesempatan tersebut Kakesdam V/Brw, Waka Kesdam V/Brw, Para Dandenkes Malang, Surabaya, Mojokerto dan Madiun, Bupati Jember, Dandim 0824 Jember, Perwakilan dari Polres Jember, Kepala Rumah Sakit se Kab Jember dan para tamu undangan lainnya.

Ka Rumkit TK III Baladhika Husada Jember dr. Masri Sihombing, Sp.OT menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan doa dan dukungannya sehingga rumah sakit ini mampu berprestasi membanggakan yaitu terakreditasi lulus paripurna oleh KARS dan menerima Rumah Sakit Awards.

Tentunya ini hasil kerja keras dari Karumkit sebelumnya yaitu dr, Rusli Budi Ansyah, Sp.B karena saya baru menjabat belum satu bulan, dan hal tersebut juga tidak lepas dari peran anggota utamanya yang memiliki semangant tinggi selama tahap akreditasi yang memakan waktu berbulan-bulan.

Sementara itu Kakesdam V/Brw Kol Ckm dr. Nirawan Putranto. Sp.M dalam sambutan dan wawancaranya dihadapan tamu undangan dan awak media menyampaikan bahwa di Jawa Timur sendiri ada 10 Rumah Sakit TNI AD, dan kesemuanya itu diharapkan tahun semuanya mengikuti akreditasi semua sehingga mampu melayani dengan kualitas yang baik sebagai fasilitas kesehatan tidak hanya bagi warga TNI AD namun juga masyarakat disekitarnya.

Saat ditanyakan berapa lama tahapan penialian KARS, Nirawan Putranto menjelaskan bahwa RS Baladhika Husada memiliki keiistimewaan karena sebelumnya tidak pernah mengikuti bimbingan, namun langsung mengikuti akreditasi, dan lolos dengan nilai yang sangat memuaskan dengan kategori “Paripurna”, kemudian diikutkan kontes antar rumah sakit dijajaran TNI AD juga berhasik dimenangkan sehingga memperoleh Rumah Sakit Award.

Saat ditanyakan apa yang dimaksud lulus paripurna, Nirawan Putranto menyampaikan bahwa di Indonesia ada tingkat-tingkat pelayanan mutu rumah sakit di Indonesia berdasarkan Undang-undang Rumah Sakit, Bintang Satu Perdana, Bintang Dua Akreditasi Tingkat Dasar, Bintang Tiga Akreditasi Tingkat Madya, Bintang Empat Akreditasi Utama, dan Bintang Lima Akreditasi Tingkat Paripurna yaitu mutu pelayanan kesehatan paling baik.

Sementara itu Bupati Jember dr. Hj Faida MMR dalam sambutan dan wawancaranya juga menyampaikan rasa bangganya kepada Rumah Sakit Baladhika Husada ini karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit pertama yang lulus akreditasi paripurna versi baru 2012, dengan lulusnya akreditasi ini diharapkan jadi semangat rumah sakit lainnya untuk lulus paripurna seperti rumah sakit ini.

Terkait dengan penghargaan RS Baladhika Husada ini bagaimana pembinaan pelayanan rumah sakit lainnya di Kab Jember ini, Faida menegaskan bahwa sekarang saatnya berjuang dan bersinergi, karena rumah sakit DKT ini dulunya dianggap kecil dan tidak diperhitungkan sebelumnya untuk lulus akreditasi, tetapi nyatanya dapat lulus dan memperoleh nilai paripurna karena ada kesungguh-sungguhan.

Dengan demikian saya berharap Dinas Kesehatan utamanya untuk membantu tumbuhnya mutu pelayanan diseluruh rumah sakit di Kab Jember dengan memetakkan sumberdaya kesehatan untuk kepentingan masyarakat.

Tidak ketinggalan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP saat kami konfirmasi usai acara juga menyampaikan ucapan selamat kepada Rumkit TK III Baladhika Husada atas prestasinya, dan prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan rumah sakit ini atau kita TNI AD saja tetapi menjadi kebanggan masyarakat Jember.

Pada kesempatan tersebut Muhammad Nas juga menyampaikan semoga kedepan prestasi pelayanan yang sudah ditorehkan ini mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan demi pengabdian kita kepada masyarakat sekita, bangsa dan Negara Indonesia. (sis24), (foto dok. jemberkab.go.id, Mutia)

No Response

Leave a reply "Rumah Sakit TK III Baladhika Husada Jember Terima Akreditasi Terbaik dari KARS dan Rumah Sakit Awards"