Sambut Petinggi BTN, Bupati Promosikan Produk Lokal

Keinginan besar Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., untuk mempromosikan produk lokal Jember, dilakukan melalui berbagai cara dan kesempatan. Hampir setiap ada kesempatan, bupati berusaha memanfaatkan untuk memperkenalkan produk unggulan yang dihasilkan Jember.

Pagi tadi, Bupati Faida mengajak tamunya, Ari Setianto, Direktur Bank Tabungan Nasional (BTN), untuk ngobrol di Pojok Ngopi Tamyaloka, Pendopo Wahya Wibawagraha, Pemkab Jember. Di tempat ini, bupati menjelaskan kepada tamunya banyal hal tentang produk lokal Jember.

Mulai dari kerajinan yang dihasilkan penghuni Lapas Kelas IIA Jember, Kopi Kahyangan produksi Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember, hingga produk unggulan berbahan baku kakao, dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Jember. “Selama ini yang datang ke Puslit kebanyakan para peneliti, tapi sekarang masyarakat umum sudah banyang yang berkunjung, karea puslit sudah menjadi destinasi wisata,” ungkap Bupati Faida, kepada tamunya, Adi Setianto, Direktur BTN, Jumat (24/11/2017).

Dengan dibukanya Puslit Koka sebagai destinasi wisata, masyarakat bisa menyaksikan langsung proses pembuatan cairan coklat untuk dijadikan permen. Di tempat ini, masyarakat juga bisa melihat bagaimana cara merawat tanaman kakao, atau bibit kopi dan beberapa jenis tanaman perkebunan lainnya.

“Kita memang menjadi kepala marketing untuk produk lokal Jember, agar lebih dikenal dan disukai masyarakat dari berbagai daerah,” jelas bupati.

Untuk diketahui, dikembangkannya Puslit Koka dari yang semula hanya lembaga penelitian menjadi destinasi wisata, agar masyarakat luas bisa lebih mengenal apa dan bagaimana lembaga penelitian yang didirikan pada tahun 1911 itu.

Lembaga ini, selain untuk penelitian tanaman kopi dan kakao, juga memproduksi alat teknologi tepat guna (TTG). Produk TTG yang dihasilkan, banyak digunakan perusahaan perkebunan dari Sabang sampai Merauke.

Untuk berjalan-jalan dan melihat segala sesuatu yang ada di puslit, pengunjung bisa mengendarai Kereta Wisata yang disiapkan pihak puslit. (Izza, Mutia, *f2, Indra)

No Response

Comments are closed.