Jember Kota Pandhalungan

Sambut Ramadhan, JP Gelar Festival Ramadhan

Menyambut bulan suci ramadhan yang penuh berkah surat kabar harian Jawa Pos bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember, dan Kepolisian Daerah Jawa Timur  menyelenggarakan festival ramadhan 2016. Festival Ramadhan kali ini merupakan event  ke-7, penyelenggaraannya sendiri dilaksanakan selama dua hari di jalan Sudarman, depan Kantor Pemkab Jember pada Sabtu dan Minggu (4-5/06/2016).

Acara yang dibuka oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., dengan di dampingi oleh Kapolres Jember, AKBP. M. Sabilul Alif SH SIK dan Direktur Jawa Pos Radar Jember, Drs. Abdul Choliq Baya pada hari sabtu tersebut menambah kemeriahan yang menggambarkan umat muslim di Jember senang menyambut bulan suci.

Festival Ramadhan yang di gelar di Jember ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya juga digelar dibeberapa kota termasuk di kota Jombang. Selama dua hari kegiatan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, antara lain seni hadrah, patrol, dan Dai cilik yang berasal dari seluruh Kabupaten Jember, serta dari luar kota seperti Bondowoso, Probolinggo.

Pada sesi penutupan festival yang diadakan tadi malam (05/06) nuansa keislamannya sungguh kental karena selalu diisi lagu dan musik islami yang mengiringi perlombaan yang ada. Menurut salah satu panitia, lomba musik patrol dan dai cilik yang diadakan bertujuan meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kecintaan seni dan budaya, dan menciptakan toleransi antar sesama umat beragama.

Antusias para peserta masih sangat tinggi terlihat dari persiapan dari masing-masing peserta. Bukan hanya itu masyarakat Jember pun sangat antusias dengan festifal tersebut hal ini membuktikan bahwa rasa kepedulian terhadap seni, budaya masih melekat pada masyarakat jember. Perlombaan yang sebelumnya belum sempat terselesaikan di lanjutkannya pada malam ini yang tidak kalah meriah dengan pembukaan festival sehari sebelumnya.

Sedangkan untuk penilaiannya ada tiga kriteria, yaitu performance, vokal dan musik yang dimainkan. Dimana pada festival ramadhan tahun ini akan dipilih 5 tim dari masing-masing lomba untuk tingkat Jawa Timur. Dari 5 tim tersebut akan mengikuti grand final di Surabaya pada tanggal 25-26 Juni 2016. (Zikin)

No Response

Leave a reply "Sambut Ramadhan, JP Gelar Festival Ramadhan"