Sekda Lepas Rombongan Mudik Gratis

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano memberangkatkan rombongan warga Jember yang mudik memanfaatkan pogram mudik gratis. Pemberangkatan dilakukan Selasa (12/6/2018) di Jalan Sudarman.

Rombongan mudik yang berangkat itu menuju ke Sumenep Madura. Dua bis yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember telah penuh dengan penumpang dan barang.

Ir Mirfano menjelaskan, dalam program mudik balik gratis ini, pemerintah menyiapkan 12 bis. Setiap bisa diisi 50 orang, sehingga pesertanya mencapai 600 orang.

“Program ini merupakan bagian dari pelayanan kita, menyediakan angkutan transportasi mudik gratis bagi masyarakat, meskipun terbatas tetapi kita sudah berupaya untuk bisa membantu,” katanya kepada wartawan.

Pogram ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga keselamatan jiwa. Program ini merupakan program Bupati secara berkesinambungan.

Bupati Jember dalam pidato yang dibacakan Ir Mirfano menjelaskan kebutuhan transportasi sebagai alat untuk perpindahan baik orang maupun barang, sangat mutlak diperlukan dalam kegiatan mudik.

Berdasarkan hal tersebut, sebagai tanggungjawab dalam hal pelayanan dan penyediaan angkutan umum mudik lebaran, maka Pemkab Jember dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Jember menyelenggarakan program mudik dan balik gratis tahun 2018.

Program ini bertujuan memfasilitasi kebutuhan angkutan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik, mengurangi kemacetan lalu lintas sebagai akibat padatnya kendaraan mudik, dan menghemat biaya pengeluaran.

Dalam kegiatan mudik ini pemerintah memfasilitasi kegiatan berupa penyediaan angkutan, mudik gratis rute Jakarta Jember yang akan dilaksanakan 11 Juni 2018, sebanyak 3 kendaraan yang diberangkakan dari Pulau Gadung Jakarta Timur.

Mudik gratis Jember – Madura dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2018 sebanyak dua kendaraan, diberangkatkan dari Alun-alun Jember, Jember – Surabaya tanggal 18 Juni 2018 sebanyak 5 kendaraan, balik Jember – Jogja 18 Juni 2018 sebanyak 1 kendaraan, balik gratis Jember – Denpasar 18 Juni 2018 satu kendaraan.

Tersedia sebanyak 12 kendaraan. Sembilan kendaraan dari APBD Kabupaten Jember dan 3 kendaraan berasal dari APBD Propinsi Jawa Timur.

“Mudik gratis tujuan Jakarta-Jember, Jember-Madura adalah program yang kedua kalinya di selenggarakan oleh Pemkab Jember. Kedepan akan ditambah dengan daerah yang berbeda, yang potensial,” ungkap bupati.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Isman Sutomo SH., MSi. Menyampaikan, program mudik gratis terselenggara atas sinergi dengan pemerintah pusat dan propinsi.

“Maksud dan tujuan program ini, yaitu menghindari kecelakaan dalam bermudik. Sekarang banyak menggunakan kendaraan roda dua dan juga roda empat yang memang sudah overload,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, pada tanggal 11 Juni lalu Pemkab Jember sudah memberangkatkan 3 bis dari Jakarta bagi warga yang mudik ke Jember.

Program mudik – balik gratis ini mengambil rutenya Jakarta – Jember, Jember – Madura, Jember-Surabaya, Jember – Jogja, dan Jember-Denpasar. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Sekda Lepas Rombongan Mudik Gratis"