Sekolah Pinggiran Dapat Bantuan Buku Perpustakaan

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo kepada 30 Kepala Sekolah (KS).

“Bapak Presiden Jokowi berpesan bahwa dalam pembangunan ini, yang tidak kalah penting adalah pembangunan kesadaran tentang pentingnya literasi,” tutur Bupati di Tamyaloka Pendapa Wahyawibawagraha.

Untuk mendukung literasi di sekolah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan buku perpustakaan.

Tiga puluh Kepala Sekolah diundang untuk mendapatkan penjelasan terkait bantuan tersebut. Mereka adalah Kepala Sekolah SD dan SMP negeri maupun swasta.

Bupati menyampaikan sekolah penerima bantuan itu sudah memenuhi kriteria, salah satunya sebagai sekolah di wilayah pinggiran.

“Sekolah yang berjuang di pinggir – pinggir mendapat ekstra perhatian untuk mendapatkan paket buku – buku perpustakaan,” jelas Bupati, Senin (6/11/2017).

Terkait bantuan itu, Bupati memastikan tidak ada pelicin. Murni sebuah bantuan. Karena itu kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik -baiknya.

“Saya memberikan kesempatan menggunakan ruangan ini untuk mencegah fitnah-fitnah yang tidak perlu terjadi. Dan saya menjaga bapak ibu agar terhindar dari pungli,” tegas Bupati perempuan pertama ini, sambil berharap kedepan lebih banyak sekolah yang menerima bantuan.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Ghazali menambahkan, beberapa sekolah menerapkan kegiatan literasi sebelum jam pelajaran dimulai.

“Membaca buku-buku non pelajaran, agar anak-anak terbiasa membaca. Terbiass membaca maka menjadi budaya,” jelas Ghazali.

Terwujudnya budaya membaca ini diyakini bakal meningkatkan kompetensi masyarakat.

Eko Witjaksono, mitra penyedia buku-buku perpustakaan, mengatakan bantuan berupa buku-buku non pelajaran.

“Buku bacaan penunjang kurikulum,” katanya. Saat ini tiga puluh sekolah tersebut masih dalam tahap pengajuan. (*f2)

No Response

Comments are closed.