Jember Kota Pandhalungan

Selamat Hari Pramuka ke-55, Kami Pramuka Yang Keren Gembira dan Asyik

Apel Besar Hari Pramuka ke -55 Tahun 2016 dengan Tema Bangun Karakter Kaum Muda melalui Kegiatan yang keren, Gembira dan Asyik, berlangsung di Alun-alun Jember, Senin (15/8/2016).

Hadir Inspektur upacara sekaligus Wakil Bupati Jember, Drs. Kh. A. Muqit Arief selaku Wakil Ketua Majelis Pembina cabang gerakan Pramuka Jember, dan Perwira upacara Aiptu Drs. Andi Guntoro, serta segenap jajaran Forkopimda, dan kakak-kakak Pembina Gerakan Pramuka.

Upacara yang berlangsung khidmat juga diisi dengan pemberian tanda penghargaan Kwartir Cabang Jember Gerakan Pramuka Jember tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jember Drs. H. Achmad Sudiyono, SH, M.Si, yang secara simbolis diwakili Wabup menganugerahkan tanda Penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Pancawarsa kepada kakak-kakak yang bernama Imam Nur Kholis, S.Pd , Eko Adi Kuswantoro, S.Pd , Samsul Hadi, S.Pd , Sri Purwaningsih, S.Pd , Drs. Imam Subadi.

Hari Pramuka ke- 55 yang istimewa ini bersamaan dengan Peresmian Pembukaan Jambore Nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Bupati berharap pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki kepentingan lain dengan tugas dan fungsi gerakan Pramuka yaitu mendidik pemuda agar berwatak, berkepribadian, berkarakter dan jiwa politik yang telah tercantum dalam Trisatya dan Dasa Darma Pramuka.

Untuk mencapai fisik gerakan Pramuka harus bekerja keras sebagai Pramuka untuk mewujudkannya dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder baik dengan pemerintah, dunia pengusaha dan masyarakat.

Dimana, Pramuka sebagai pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang di peroleh anak-anak dan keluarga dalam pendidikan formal di sekolah hal ini mengingat pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan pemuda yang handal dan berkarakter.

Gerakan Pramuka ini berusia 55 tahun dan tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan, perlu trending Pramuka baru yang digeluti kaum muda, Pramuka hendaknya mengikuti perkembangan zaman yang tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital masa kini, Pramuka harus keren gembira asyik dan menyenangkan dan tantangan bagi pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka begitu pula para pelatih harus belajar terus menerus agar dapat mengembangkan teknologi pendidikan yang upto date tanpa melupakan prinsip dasar dan mitologi ke pramukaan bagi para pembina pramuka.

Pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu pendidikan pemuda di Indonesia dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup berbangsa dan bernegara termasuk dalam menyelesaikan masalah pemuda Untuk itulah kita ingin membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya membangun pemuda yang cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga yang tangguh kepribadiannya yang luhur budi pengertiannya menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Selamat Hari Pramuka ke-55, Kami Pramuka Yang Keren Gembira dan Asyik"