Selamatkan Siswa dari Ancaman Putus Sekolah, Bupati Jember Serahkan BKSM

Perhatian Pemerintah Kabupaten Jember dibawah kepemimpinan Bupati dr. Hj. Faida, MMR., dan Wakil Bupati Drs. KH. Muqit Arief, terhadap keberlanjutan pendidikan siswa dari keluarga kurang beruntung, terus diberikan. Kali ini perhatian yang diberikan diwujudkan dalam bentuk bantuan biaya pendidikan.

Bantuan biaya untuk kebutuhan ini diberikan, menurut Bupati Faida, untuk menyelamatkan anak-anak Jember dari ancaman tidak melanjutkan sekolah. “Masih banyak yang perlu dibantu, yang sejatinya ada yang mengajak untuk meneruskan sekolah, dan ada yang meyakinkan akan dibantu. Maka (dengan bantuan itu) masih ada lagi siswa-siswa yang akan terlselamatkan dari putus sekolah,” ucap Bupati Faida, dalam acara Silaturahim Bupati Jember dengan Penerima Bantuan BKSM (Bantuan Khusus Siswa Miskin) di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kranjingan, Sumbersari, Selasa (19/12/17).

Dijelaskan bupati, bantuan biaya pendidikan yang diberikan melalui program Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) setidaknya telah menyelamatkan tidak kurang dari 1600 anak SMA dari putus sekolah. Bantuan yang diberikan ini diwujudkan dalam bentuk tabungan, masing-masing siswa mendapatkan Rp 1.200.000, – per tahun, yang dibagi dalam dua tahap.

Pemberian bantuan ini, sengaja dibuat secara langsung tanpa perantara, karena bupati ingin memastikan diterima oleh masing-masing siswa. Langkah ini diambil, untuk menghindari terjadinya pungutan liar yang kerap dilakukan pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi.

Sesuai janji yang tertulis dalam 22 Janji Kerja, Bupati dan Wakil Bupati Jember, akan menomorsatukan urusan pendidikan. Saat ini janji itu sudah dibuktikan, dalam bentuk pemberian bantuan kepada siswa miskin. “Karena siswa penerus masa depan bangsa, dan masa depan Jember,” ujarnya.

Kepada siswa yang hadir dalam acara Silaturahim Bupati Jember dengan Penerima Bantuan BKSM itu, bupati berpesan agar jangan menyia-nyiakan kesempatan. “Anak muda harapan orang tua, harapan bupati dan wakil bupati, harapan nusa dan bangsa. Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, belajar dengan baik. Jauhi narkoba, jauhi berita hoaxs, jaga NKRI kita,” pesan bupati.

Untuk diketahui, acara Silaturahim Bupati Jember dengan Penerima Bantuan BKSM ini, selain menyerahkan buku tabungan untuk pendidikan kepada 7.826 siswa SMA, SMK, MA, Bupati Faida juga menyerahkan bantuan sarana prasarana pendidikan. Bantuan yang diberikan berupa Meubelair untuk PAUD, Buku untuk TBM (Taman Baca Masyarakat), peralatan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), peralatan pendidikan IPA, Biologi dan Fisika. diserahkan langsung oleh Bupati Jember kepada masing masing penerima.

‘Di Jember miskin bukan masalah untuk setinggi tingginya pendidikan. Diketahui ada banyak orang tua yang memperjuangkan nasib anaknya, ada pula anak yang gigih memperjuangkan nasibnya sendiri dalam mencapai pendidikan,” ujar Bupati Faida.

Hingga saat ini, total pengajuan beasiswa yang sudah masuk dalam catatan Bupati Jember di pendopo, sebanyak 12.825 siswa se Kabupaten Jember. Pengajuan beasiswa itu berasal dari SMA negeri 1. 200 orang, SMA swasta, 2. 000 orang, SMA luar biasa 47 orang, SMK Negeri 900 orang, SMK swasta 5. 200,MA negeri 100, MA swasta 3300 orang. (Mutia, Indra GM)

No Response

Comments are closed.