Semalam di Papuma, Akhiri Konferensi HTN ke 4 di Jember

Kalau saja malam itu bisa dibuat lebih panjang, mungkin para peserta Konferensi Hukum Tata Negara (HTN) ke IV, akan bersedia untuk berlama-lama di Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma). Malam itu para pakar HTN begitu menikmati acara gala diner yang dihelat di pantai nan eksotik dengan latar belakang hutan dan bebukitan indah.

“Tapi sayang hanya semalam, berat rasa perpisahan. Namun ku telah berjanji, disewaktu-waktu kita bertemu lagi”. Seperti lirik lagu “Semalam di Cianjur” itulah kira-kira yang dirasakan dan ingin diucapkan para peserta Konferensi HTN ke 4, atas kesan indah dan memuaskan dalam mengikuti acara gala dimer di Pantai Papuma, Jember.

Ya, malam itu, Minggu, 20 Nopember 2017, peserta Konferensi HTN mengakhiri acaranya di Pantai Papuma. Bagi peserta Konferensi HTN, malam itu begitu berkesan, sebagaimana lirik lagu yang pernah populer di tahun 70-an, Semalam di Cianjur, “Kan ku ingat di dalam hatiku, betapa indah semalam di Papuma (Cianjur)”.

Meski tidak sama persis dengan pesan yang ada pada lirik lagu itu, namun kesan indah dan puas yang dirasakan, begitu terlihat dari wajah-wajah peserta konferensi HTN yang turut dalam acara gala diner di Papuma.

Mereka seakan tidak ingin segera mengakhiri keindahan yang dirasakan bersama di pantai dengan panorama yang molek itu. “Pantai Papuma ini memang bagus dan layak jual. Saya terpukau malam di Papuma Jember. Terasa ada di tengah malam Bali. Kami puas datang ke Jember,” puji Mahfud MD, yang mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Papuma bersama isteri tercinta yang berasal dari Semboro itu.

Eksotika Pantai Papuma, menurut pakar hukum berdarah Madura ini, tidak kalah dibanding pantai di Bali yang sudah dikenal wisatawan dari mancanegara. “Untuk kecantikan Pantai Papuma, tidak kalah dibanding pantai-pantai di Bali,” ucapnya.

Sedemikian menikmatinya Mahfud MD atas acara yang digelar malam itu, hingga memustuskan untuk melantunkan lagu. Mahfud MD terpantik untuk naik ke atas panggung, setelah melihat Bupati Jember, dr.Faida.MMR, begitu bersemangat untuk mempromosikan Pantai Papuma.

“Saya ini juga tuan rumah. Karena istri saya, asli orang Jember. Rumahnya di Semboro. Kalau bupatinya total begini, saya harus lebih total mempromosikan Jember,” ucap Mahfud MD.

Prof Mahfud pun bahkan tak segan mengundang peserta Konferensi Nasional HTN ke 4, agar kembali berkunjung ke Jember.

Kesan puas atas diselenggarakannya gala diner di Papuma dengan panoramanya yang eksotik, ternyata tidak hanya dirasakan Mahfud MD. Peserta Konferensi HTN lain pun merasakan hal yang sama, bahkan menilai Pantai Papuma sangat layak dipromosikan.

Hampir seluruh peserta Konferensi HTN yang hadir di acara itu, utamanya yang dari luar kota, mengaku takjub dengan keindahan Pantai Papuma. “Kami tidak menyesal diajak bupati berkunjung ke Papuma. Benar-benar bagus,” puji peserta Konferensi HTN lainnya.

Mereka bahkan berjanji, sepulang dari Jember, akan menceritakan keindahan Pantai Papuma. “Kalau melihat indahnya Papuma, saya tak perlu jauh ke Bali,” katanya.

Sementara bagi Pemerintah Kabupaten Jember, menjadi tuan rumah Konferensi Nasional Hukum Tata Negara (HTN), tidak hanya akan menaikkan pamor daerah. Event berlevel nasional itu juga dinilai sebagai sebuah momen yang tepat untuk memperkenalkan keberadaan dan beragam potensi yang dimiliki.

Karena itu, momentum berharga ini berusaha dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. Salah satunya adalah mempromosikan Pantai Papuma sebagai wisata unggulan yang dimiliki Jember. “Ini salah satu cara untuk memperkenalkan potensi wisata Jember. Jember punya banyak potensi wisata yang indah,” ujar Bupati Faida, dalam gala dinner bersama peserta Konferensi HTN ke IV, di Pantai Papuma, Ambulu.

Dipilihnya pantai Papuma untuk acara makan malam bersama peserta Konferensi HTN ke 4, karena Bupati Faida, menilai eksotika dari pantai ini memang layak dinikmati, selain juga layak jual. Oleh karenanya, dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang dimiliki, suasana Pantai Papuma pun dibuat secantik mungkin.

Bupati pun tak segan-segan untuk mendendangkan lagu. Dengan diiringi musik berirama jazz, sambil menyanyi, bupati juga mempromosikan keindahan wisata andalannya, Papuma. “Iniah pantai kami. Papuma,” tuturnya.

Acara gala diner yang menandai selesainya Konferensi Nasional HTN ke 4 ini, selain dihadiri Prof. Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), juga diihadiri Prof. Widodo, mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, yang saat ini menjadi Dirjen Perundang-Undangan Kemenkum HAM. (Izza, Indra GM)

No Response

Comments are closed.