Download Logo HUT RI 72

Semua Bisa Berkontribusi dalam Ketahanan Pangan

HUT RI 72

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol. Inf. Rudianto menegaskan semua pihak bisa berkontribusi dalam ketahanan pangan.

Hal tersebut disampaikan Rudianto saat panen raya di Desa Biting Kecamatan Arjasa, Kamis (16/2/2016) pagi. Tepatnya di lahan sawah milik Kelompok Tani Berkah Bersama.

“Dengan kegiatan komunitas semacam ini, kita sangat terbantu sekali. Jadi tidak hanya TNI, tidak hanya petani saja, semua komponen masyarakat bisa berkontribusi dalam ketahanan pangan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Komunitas yang dimaksud adalah kelompok tani Berkah Bersama, yang dibentuk oleh alumni SMPN 1 Arjasa lulusan Tahun 1989. Mereka juga membentuk organisasi bernama Relawan Peduli Jember.

Rudianto menjelaskan, produksi padi Kabupaten Jember menjadi tolak ukur produksi Jawa Timur. Propinsi Jawa Timur sendiri menjadi tolak ukur produksi nasional.

Bahkan produksi pada bulan Oktober 2016 – Maret 2017 tertinggi. Menteri Pertanian pun meminta produksi padi di Kabupaten Jember untuk diperhatikan. “Produksi Jember turun, nasional juga turun,” ungkapnya.

Hadir di panen raya itu sejumlah pejabat, diantaranya Camat Arjasa Boby Arisandi, Ka Upt Pertanian Wilayah III Imam Marsudi, Kapolsek Arjasa AKP Surata, Danramil 0824/02 Arjasa Kapten Arm Fathulloh, Perwira Seksi Teritorial Kapten Chb Hadi Windoko, Kepala Desa Biting Siswanto, dan Ketua Kelompok Tani Berkah Bersama H Audi Rustanto beserta 47 orang anggotanya.

Varitas yang ditanam pada lahan kelompok tani itu adalah bibit unggul Binar Ganador, yang memiliki potensi produktifitas tinggi, yaitu per batang mencapai 300-350 butir padi. Potensi hasil produksi per hektar mencapai 10-11 ton. (*f2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Semua Bisa Berkontribusi dalam Ketahanan Pangan"