Download Logo HUT RI 72

Serahkan Beasiswa BKKI RSD Soebandi, Wabup Sampaikan Pesan Moral “Stop Pergaulan Bebas”

HUT RI 72

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief pagi tadi, Senin (13/2/2017) menyerahkan beasiswa anak asuh Badan Koordinasi Kegiatan Islam (BKKI) Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. Soebandi, bersamaan dengan agenda seminar Akhlaqul Karimah Stop Gaul Bebas. Pada agenda agamis tersebut, Wabup menyampaikan sejumlah pesan moral kepada para siswa siswi penerima beasiswa untuk memgang teguh ajaran agama, dengan tidak mengikuti pergaulan bebas. Pesan moral serupa, menurut Wabup juga perlu disebarluaskan kepada seluruh generasi muda.

Nampak hadir pada acara, Plt. Direktur RSD dr. Soebandi, drg. Budi Sumarsetyo Sp. BM, Kanit PPA Polres Jember, Iptu Suyitno Rahman, SH dan H. Imam Sanusi, S. Kep, M. Kes selaku Kepala Instalasi Bina Rohani RSD dr. Soebandi, dan perwakilan siswa siswi SD, SMP dan SMA sederajat.

Wabup Kyai Muqit menjelaskan tentang Aqidah yang berkaitan dengan kegiatan seminar ini, dengan penjelasan Kyai Muqit yaitu manusia yang mempunyai naluri untuk bergaul, begitu juga dengan hewan memiliki naluri, bahkan hingga hubungan biologis manusia dan hewan memiliki naluri yang sama, namun manusia sebagai makhluk yang paling sempurna diciptakan, harus bisa membedakan. “semakin kita dekat dengan agama maka semakin terasah hati kemanusiaan kita dan jika semakin jauh dari ajaran agama maka semakin jauh dari nilai kemanusiaan dan semakin dekat dengan sifat-sifat kebinatangan,” tutur Wabup Kyai Muqit.

Aqidah yang sebagaimana ummat muslim ketahui, seperti mengenal Allah sebagai sang pencipta yang pada satu sisi sebagai mengenal diri sendiri dan Allah tak dapat di lihat namun Allah dapat kita kenal dengan dalil Aqli yang biasa di ajarkan oleh pesantren yaitu dengan penalaran akal yang mana juga dapat di temukan kekuasaan Allah di dalamnya pada saat pembelajaran Fisika atau segala ilmu pengetahuan. Dengan beraqidah, maka manusia akan lebih bermartabat.

Wabup Kyai Muqit juga berpesan kepada peserta seminar, perlunya memahami ajaran agama seperti yang disampaikan oleh Wabup, karena ajaran agama di turunkan untuk keselamatan juga kesuksesan umat di dunia dan akhirat.

Selanjutnya, pesan moral Wabup tersebut diperkuat oleh narasumber lain dari Polres Jember, Iptu Suyitno. Suyitno membeberkan sejumlah data atau catatan kriminalitas remaja di Kabupaten Jember. Yang mana banyak di jumpai di kalangan remaja begitupun yang sering di temui di kalangan masyarakat yang menggunakan miras dengan ini remaja dapat menjadi korban, juga pelaku. Dengan jenis kriminal lain di antaranya berupa penyalahgunaan narkotika, kekerasan remaja, menyalahgunakan medsos yang di antaranya juga anak-anak di bawah 18 tahun.

Penyebab pelanggaran hukum ini di antaranya terjadi karena kurangnya pengawasan ketat dari keluarga dan tidak kepedulian lingkungan terhadap remaja yang bermasalah, pendidikan moral, etika, sopan santun yang masih kurang porsinya dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan. “hindarilah hal-hal yang melanggar hukum seperti minum-minuman keras narkotika dan semacamnya juga hindari pergaulan bebas,” tegasnya.

Stop pergaulan bebas, dan wujudkan generasi hebat serta bertakwa adalah materi yang di sampaikan oleh H. Imam yang mana banyak menjelaskan mengenai pelajaran islam, yang mana problematika yang terjadi begitu banyak khususnya di kalangan remaja untuk itu agama tidak boleh di tinggal dan agama harus di bawa kemanapun kita berada.

Begitu juga dengan kesehatan perlu di pastikan untuk sukses dalam kehidupan adalah sehat dan sehat itu ada empat hal yaitu fisik, mental, spiritual dan sosial. Juga jangan lupa memastikan hubungan dengan Allah terjalin dengan baik, sebagai hamba harus dekat dengan Allah selalu beribadah kepada Allah. “oleh karena itu kata kuncinya adalah sehat untuk sukses beriman dan bertaqwa,” imbuhnya.

Penyerahan beasiswa kali ini kepada 25 beasiswa dari BKKI RSD. dr. Soebandi, kepada 14 anak SD, SMP 6 anak dan SMA 5 anak. Usai penyerahan beasiswa, kemudian dilanjutkan penyerahan cinderamata kepada Wabup oleh Plt. Direktur RSD Soebandi, (Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Serahkan Beasiswa BKKI RSD Soebandi, Wabup Sampaikan Pesan Moral “Stop Pergaulan Bebas”"