Jember Kota Pandhalungan

Serangkaian Kegiatan Forpimda, 17 Agustus 2016

Pemberian Remisi Kepada Ratusan Napi Lapas Jember

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-71 Bupati Jember, Dr. Hj. Faida, MMR, Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Jember, dan Ketua DPRD Kabupaten Jember, H. Thoif Zamroni, menghadiri acara pemberian remisi umum bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Jember, Rabu pagi (17/8/2016).

Pada acara kunjungan ke Lapas tersebut untuk menyampaikan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang pemberian remisi bagi narapidana tanggal 17 Agustus 2016 yang antara lain berisi remisi umum bebas bagi yang mendapat remisi 5 bulan sebanyak 2 orang, 4 bulan 10 orang , 3 bulan 39 orang, 2 bulan 55 orang, 1 bulan 63 orang.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan adanya hak yang di miliki oleh penghuni Lembaga Pemasyarakatan yaitu hak mendapatkan pengurangan menjalani pidana melalui remisi, dan juga mempercepat proses narapidana dalam kehidupan bermasyarakat. Bupati juga berpesan kepada seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas bekerja dengan profesional, ketulusan dan terus berupaya menjadikan Lapas tetap dalam suasana Kondusif, aman serta tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak nama baik institusi Pemasyarakatan, Kementrian Hukum dan HAM pada umumnya.

Bupati juga berharap peran dan partisipasi pemerintah daerah ini dapat berlanjut dan ditingkatkan untuk masa-masa yang akan dating. “Kepada seluruh narapidana dan anak pidana yang mendapatkan revisi hari ini khususnya yang bebas hari ini saya mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan saudara dalam menjalani kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat, jadilah insan yang taat hukum insan yang berakhlak dan berbudi luhur serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan.” Tutur Bupati.

Upacara HUT RI

Setelah menyampaikan pesan dan membacakan daftar remisi di Lapas Jember, Bupati JEmber beserta rombongan Forpimda melanjutkan acara dengan upacara detik-detik HUT ke-71 Republik Indonesia yang berlangsung di alun-alun Jember dengan dengan slogan “Kerja Nyata, Bergerak Cepat Membangun Jember Sejahtera”.

Sebelum upacara resmi berlangsung, diawali terlebih dahulu dengan penampilan dari “polisi cilik” dari SDN Sumbersari 1,dan Reog Ponorogo dari SMA Bima Ambulu. Yang selanjutnya upacara dimulai dengan tanda bunyi, sirene dari PMK dan Lapas, Bedug dari Masjid Jami’ Baitul Amin, dan suara lonceng dari gereja.

Upacara yang berlangsung secara khidmat dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Bupati Jember, Dr.Faida MMR., Perwira Upacara, Kapten INF. Asno (Pasi Pers DIM 0824 Jember), Komandan Upacara Kapten INF. Debby Suryadi, dan pembaca doa H. Rosyadi Badar ,MPDi (Kepala Kementrian Agama). Sementara peserta upacara berdatangan dari berbagai kalangan dan tamu undangan, termasuk diantaranya para pejuang veteran dan juga penyandang difabel.

Sementara itu pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD kabupaten jember, H Thoif Zamroni.

Sedangkan pengibaran bendera sang saka Merah Putih dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Jember, pembawa baki bendera, Amanda Azzahra, pengibar bendera Mohamad Andreansyah, Mohammad Akbar Ahmed, Pandu Ahmad Maulana. Pengibaran bendera dan pelaksanaan upacara juga diiringi tim paduan suara SMAN 1 Jember yang menyanyikan lagu – lagu kebangsaan.

Sarasehan Veteran

Setelah kegiatan Upacara HUT Republik Indonesia Ke-71, berlanjut dengan acara Sarasehan dalam rangka mengenang Jiwa Semangat Juang’45 bersama anggota dan keluarga LVRI, Mastrip, Pejuang’45 dan perintis Kemerdekaan yang bertujuan mengenang semangat Juang 45. Kegiatan seperti hari ini dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian penghormatan Pemerintah Kabupaten kepada para pejuang bangsa dan juga pelestarian nilai-nilai Luhur kebudayaan bangsa dengan tujuan melindungi kesehatan para pejuang bangsa Perintis Kemerdekaan veteran Negara Republik Indonesia pelajar dan keluarganya melalui pemeriksaan gratis, mengingatkan kembali tentang nilai lihur budaya bangsa yang tertuang dalam rumusan Pancasila.

Melihat perhatian Pemkab yang langsung disampaikan Bupati JEmber, perwakilan dari Veteran H. Momod Sabda Wigena, bersama rekannya Hj. Maksaan mengungkapkan rasa terima kasih atas semua perhatian Pemkab terhadap Veteran para pejuang di Kabupaten Jember. “Dimana baru kali ini Veteran para pejuang di Kabupaten Jember bertatap muka dengan pimpinam daerah di Jember, dimana Veteran adalah wadah bagi para pejuang di Indonesia.

Menurutnya para pejuang Veteran di Kabupaten Jember jumlah pembela kemerdekaan ada 160, perdamaian 14, Trikora 24 dan Drikora 4 , setiap bulannya 5-10 orang meninggal. Para Veteran ingin mengembalikan nilai-nilai luhur yang telah luntur pada pemuda masa kini, para Veteran meminta kepada Bupati untuk Menindaklanjuti nilai-nilai perjuangan agar NKRI tetap utuh. Veteran mendukung penuh program kesehatan yang elah dilaksanakan oleh Bupati yang sangat menguntungkan bagi rakyat yang kurang mampu.

“Selain program kesehatan, para veteran juga mendukung penuh atas adanya pendidikan gratis karena bangsa tidak akan bisa maju jika tidak sehat dan cerdas, untuk itu kami sekali lagi sampaikan terimakasih atas semua perhatian dan pelaksanaan program-program yang berpihak kepada rakyat kecil,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jember dan Wabup mengaku tidak akan merasa sempurna jika hari kemerdekaan ini tidak bertemu dengan para Veteran di Kabupaten Jember, dengan rancangan barunya Bupati Jember akan membuat Quote semua pahlawan yang akan di pajang di sekolah-sekolah.

“Pertemuan hari ini adalah pertemuan penting bagi pembangunan di Jember, untuk melestarikan semangat juang dan jiwa patriotisme di Jember kita juga merancang suatu museum di mana museum tersebut isinya ialah salah satunya perjuangan.” Jelas Bupati.

Bupatipun berharap menerima banyak bantuan untuk mengisi museum tersebut dengan sejarah Veteran, dimana museum ini juga akan menjadi tempat wisata tempat sejarah juga edukasi bagi masyarakat.

Bangsa yang besar ialah bangsa yang bisa menghargai para pahlawannya, menjadi pemimpin besar adalah para pemimpin yang bisa menghargai para pahlawannya.

Hingga pukul empat sore tadi, kegiatan kenegaraan dalam HUT RI ke-71 masih terus berlangsung. diantaranya Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief yang menjadi Inspektur Upacara dalam upacara penurunan Bendera pusaka. Prosesi penurunan bendera merah putih juga berlangsung khidmat dan diikuti semua jajaran Forpimda, peserta upacara, serta tamu undangan lainnya, yang tidak jauh berbeda dengan upacara pengibaran bendera tadi pagi. (Mutia,izza)

No Response

Leave a reply "Serangkaian Kegiatan Forpimda, 17 Agustus 2016"