Kerja Nyata

Universitas Moch Sroedji

2220 views

SEJARAH SINGKAT

UNIVERSITAS MOCH. SROEDJI JEMBER

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong ( MKGR ) Kabupataten Daerah Tingkat II Jember pada tahun 1981 mendorong berdirinya suatu yayasan pendidikan dengan dukungan Pemerintah Daerah Tingkat II Jember. Pada tanggal 6 April 1981 Yayasan Pendidikan MKGR Jember ( Akta Notaris Nomor 10 tahun 1981 ). Selanjutnya dengan semangat pengabdian yang tinggi Yayasan Pendidikan MKGR Jember mendirikan Perguruan Tinggi yang diberi nama Universitas Moch. Sroedji Jember, yang memiliki 7 fakultas yaitu : Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran.

Untuk memantapkan gerak langkah Yayasan dalam menjawab tan tangan dan permasalahan yang ada, pada tanggal 1 Pebruari 1982 melalui rapat Pleno Yayasan, dilakukan perubahan Anggaran Dasar Yayasan dan Susunan Pengurus Yayasan . Maka sejak saat itu nama yayasan menjadi Yaya san Pendidikan Moch. Sroedji Jember, perubahan tersebut dikukuhkan dengan akte Notaris Nomor 6 tang gal 6 dan 7 Pebruari 1981 dengan pengesahan dari kantor Pengadilan negeri Jember Nomor 13/Y/1982 dan Nomor 14/Y/1983.

Sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar Yayasan pada tahun 1988 melaluli rapat pleno Yayasan dilakukan pemilihan pengurus Yayasan masa bakti 1988 – 1991. Penggatian Pengurus Yayasan tersebut dikukuhkan de ngan Akte Notaris Nomor 1 tanggal 5 Pebruari  1991 dan pada tahun 2002 sesuai hasil rapat Pleno Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember tanggal 12 Agustus 2002 dan 29 Agustus 2002 telah diadakan perubahan susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember masa bakti 2002 – 2007 adapun  susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember masa bakti 2002 – 2007 tercantum pada halaman 17 pada buku ini.

Pada tahun 1981- 1990 kantor Yayasan masih ditempatkan di rumah sewa dan tahun 1984 Yayasan  telah memiliki kantor yang permanen di komplek Kampus Universitas Moch. Sroedji Jember yang beralamat di Jl. Sriwijaya 32  Telphon (0331) 335728 Faximil (0331) 333721 Jember.
Guna meningkatkan kemampuan dalam pembinaan universitas, Yayas an telah memenuhi kebutuhan  universitas baik personel ( tenaga Dosen dan Administrasi ) maupun peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar yang cukup memadai. Hubungan dengan Universitas dapat terbina dan terpelihara dengan baik  sehingga dapat terwujud suatu hu bungan yang serasi . Pada saat ini Yayasan terus berusaha meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan Universitas dengan tetapberpedoman kepada peraturan perundangan yang berlaku.

Pada tahun 1981 Universitas Moch.Sroedji Jember memiliki 7 Fakultas dengan 16 Jurusan , yakni :
1. Fakultas Pertanian, Jurusan Budi daya Pertanian dan Jurusan Sosial Ekonomi  Pertanian ( 2 jurusan ).
2. Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Adat, Hukum Agraria ( 5 jurusan ).
3. Fakultas  Ilmu  Sosial  dan  Politik, Jurusan Ilmu Administerasi Negara Ilmu Administerasi Niaga, Kesejahteraan Sosial (3 jurusan)
4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Bimbingan dan Penyuluhan ( 2 jurusan )
5. Fakultas  Ekonomi, Jurusan Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan ( 2 jurusan ).
6. Fakultas Teknik, Jurusan Basah dan Kering ( 2 Jurusan )
7. Fakultas Kedokteran Jurusan Kedokteran Umum dan Kesehatan Masyarakat ( 2 jurusan )
Fakultas Kedokteran tidak dapat dipertahankan lagi keberadaannya, karena tidak mampu memenuhi persyaratan untuk dapat memperoleh  status terdaftar, maka pada tahun 1983 Fakultas Kedokteran ditutup, sedang fakul tas yang lain dengan surat keputusan Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 017/O/1983 tanggal 5 Januari 1983 seluruh  fakultas telah memperoleh status terdaftar sampai dengan tingkat Sarjana Muda dan pada tahun 1986 dengan surat keputusan Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan 0395/O/1986  tanggal 23 Mei  semua fakultas telah memperoleh status Terdaftar sampai dengan tingkat Sarjana S1.

Sejak berdirinya Universitas Moch. Sroedji Jember tahun 1981 sampai dengan tahun 2008 sudah mengalami 8 (tujuh) kali pergantian Pimpinan Universitas.
Adapun personil yang pernah menduduki jabatan Rektor adalah :
1.  Drs. Sruadji Soeryadi
2.  dr. Soedomo Pradono
3.  Moch. Nurullah, SH ( Pjs )
4.  Iskandar, SH
5.  Moch. Nurullah, SH.
6.  Prof. Dr. Murdiyanto Purbangkoro, SE, SU.
7.  Prof. Dr. H.Simanhadi Widyaprakosa.
8.  Drs. Sandjaya, M.S
9.  H. Djoko Prawito, SH, MM, MBA

Pada tahun 1982 telah disusun statuta Universitas dan diperbarui pada tahun 2005, sedangkan Rencana Induk Pengembangan (RIP)  tahun 1982-1990, sehingga sejak tahun 1982 telah dilakukan pengembangan diberbagai bidang, dibidang Manajemen telah ditata susunan organisasi  Universitas dan Fakultas dan disertai dengan penataan personelnya.

Kemampuan anggaran untuk mendukung pengembangan tahun 1982—1990 masih sangat terbatas walaupun telah selalu meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu Rencana Induk Pengembangan  Universitas Moch, Sroedji Jember tahun 1982 – 1990 belum dapat sepenuhnya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya yang ndisebabkan masalah krisis yang telah dialami pada tahun 1982 – 1984, akibat keterbatasan dana dan terjadinya ketidak serasian hubungan antara Yayasan dam Universitas mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Moch, Sroedji Jember. Dengan berbagai usaha serta semangat juang dan pengabdian yang tinggi krisis yang terjadi dapat diatasi dan kepercayaan masyarakat berangsur-angsur  dapat pulih kembali. Pada  tahun 1985  Universitas Moch. Sroedji Jember dapat menghasilkan lulusan pada tingkat Sarjana Muda, dan baru tahun 1987 Universitas Moch. Sroedji meluluskan tingkat Sarjana S1, sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat.
Dengan demikian antara tahun  1985-1990 dapat dilakukan penataan manajemen bidang akademik, fisik dan anggaran secara lebih baik diban- dingkan tahun-tahun sebelumnya. Menyadari bahwa peranan anggaran sangat penting dalam pengembangan , maka telah dilakukan penggalian  dana yang bersumber dari non mahasiswa . Dalam kurun waktu tahun 1982-1990 Universitas Moch. Sroedji Jember telah menerima bantuan dana dari bantuan Presiden, APBD Tingkat  I Jatim dan APBD Tingkat II Jember. Bantuan dana tersebut telah dimanfaatkan dengan baik dan sangat basar mafaatnya dalam menyelamatkan Universitas Moch. Sroedji Jember dalam masa krisis yang telah dialami. Pada masa mendatang bantuan dana dari berbagai pihak masih diperlukan untuk memacu pengembangan.
Hubungan Universitas Moch, Sroedji Jember dengan Pemerintah Tingkat I Jawa Timur dan Daerah Tingkat II Jember telah dapat dijalin dengan baik. Hal tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk kerja sama antara lain : Pembinaan Masyarakat Desa . KKN, Penelitian  dan lain-lain. Hubungan yang telah dapat terjalin dengan baik tersebut tentunya akan terus dipelihara dan ditingkatkan.
Sejak tahun 1985 seluruh fakultas telah melaksanakan sistem kredit  Semester. Pelaksanaan Kegiatan Akademik telah berjalan dengan baik walaupun dirasakan masih banyak terdapat tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi.
Pada tahun 1981 sampai dengan tahun 1983 kantor  pusat Universitas masih menggunakan rumah sewa yang terletak dijalan Bromo nomor; 89 . Pada tahun 1982 . Yayasan menerima bantuan tanah  untuk kampus dari OP Pemerintah  Daerah Tingkat II Jember seluas 4,5 ha. Tetapi yang berhasil memperoleh sertifikat tanah dengan status hak guna. Bangunan hanya seluas 1.593 ha.
Sejak tahun 1982 sesuai dengan kemampuan anggaran telah dimulai pembangunan kampus, secara bertahap Kantor Pusat Universitas yang terletak di jalan Sriwijaya No.32 Jember, Keluruhan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari . Baru pada tahun 1985 Universitas telah memiliki kantor pusat dan ruang kuliah milik sendiri yang dilengkapi pula dengan Laboratorium Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian serta Perpustakan , disamping itu berbagai peralatan  dan perlengkapan fisik secara bertahap juga telah dikembangkan, dengan dikembangkannya pengembangan fisik sejak tahun 1982 sampai tahun 1990, telah dapat diwujudkan suatu kelompok kampus Universitas dimana seluruh kegiatan akademik, tetapi masih diperlukan pengembangan dalam rangka meningkatkan  status Akademik dari fakultas-fakultas dilingkungan Universitas Moch. Sroedji Jember.
Mulai tahun 1985 pengembangan Universitas Moch. Sroedji Jember lebih diarahkan dengan berpedoman kepada Peraturan  Pemerintah Nomor 5 tahun 1980. Pengembangan Universitas akan terus dilaksanakan secara bertahap dibidang Managemen, Akademik, Fisik dan Anggaran / Keuangan. untuk itu diperlukan Rencana Induk Pengembangan Universitas Moch. Sroedji Sroedji Jember 1991-1996, dalam rangka melaksanakan suatu pengembangan yang lebih  terarah dan berencana. Dengan keluarnya Surat Keputusan Mendikti Nomor 14/D/QO/1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1990 yang diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 60  tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi maka Rencana Induk Pengembangan 1996-2001 juga berpedoman kepada peraturan  Pemerintah.
VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi
Universitas Moch. Sroedji Jember sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mentransfer dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, berwawasan lingkungan.
Berdasarkan visi tersebut Universitas Moch. Sroedji Jember memiliki fungsi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menumbuhkan proses kegiatan ilmiah yang mampu mempercepat berkembangnya masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.
Misi
Untuk mewujudkan kondisi yang termaktub dalam visi, Universitas Moch. Sroedji Jember menetapkan misi sebagai berikut :
a.Meningkatkan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesional, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas secara berkelanjutan, terutama ke arah pemanfaatan teknologi yang berwawasan lingkungan.
b.Meningkatkan kualitas dan mengembangkan sistem manajemen kelembagaan.
c.Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai Universitas Moch. Sroedji Jember sesuai dengan visi dan misi, sebagai berikut :
a.Menghasilkan lulusan yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral Pancasila, berbudi luhur, memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang mandiri yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
b.Memperluas peran dan daya tarik mahasiswa dan masyarakat dengan mewujudkan terbentuknya fakultas yang memiliki program studi (S1, S2, Diploma Pendidikan dan Latihan jangka pendek) yang relevan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat.
c.Menghasilkan karya-karya ilmiah dan teknologi yang berkualitas melalui fungsi penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pendidikan yang terintegratif.
d.Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang dudukung oleh budaya ilmiah dan suasana akademik yang menjunjung tinggi kebenaran, objektivitas, terbuka, jujur, kritis, inovatif dan tanggap terhadap perkembangan serta perubahan jaman.
e.Meningkatkan ethos kerja yang profesional dengan memantapkan pelaksanaan sistem manajemen kelembagaan yang efektif dan efisien.
f.Memupuk dan menjalin jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga di dalam dan luar negeri.
LAMBANG
Universitas  Moch. Sroedji   Jember memiliki  lambang yang berupa untaian padi dan kapas serta bintang lima yang bercahaya   mengelilingi  putik-putik teratai diatas pena, didalam satu lingkaran perisai persegi lima denagn dasar kuning emas.

Adapun makna yang terkandung didalamnya
1.   Untaian  pada  berjumlah  tujuh  belas  buah  melambangkan   angka  17,  sedangkan  untaian  kapas   berjumlah  delapan,  melambangkan angka 8 dan  cahaya bintang emas empat puluh lima melambangkan angka 45.  Jadi arti keseluruhan adalah tanggal 17 Agustus 1945.
2. Bintang emas  dengan  lima  sudut,  ini  melambangkan Falsafah Negara  Republik Indonesia “PANCASILA”
3.  Tiga garis kecil  dibawah   bintang  melambangkan   angka 3,  satu  garis  dalam lingkaran daun-daun kecil, melambangkan angka 1, daun kecil berjumlah sembilan belas, melambangkan angka 19. Putik daun  teratai  berwarna hitam yang bertumpu di atas pena  berjumlah  enam ,  melambangkan  angka  6  dan bulatan  tumpuan   daun-daun kecil lambang angka  0   (nol ).
Jadi secara keseluruhan   mempunyai  arti   Tanggal  3 Januari 1960  hari lahirnya  Musyawarah  Kekeluargaan  Gotong  Royong ( MKGR ) yaitu organisasi pendukung GOLKAR yang  mempelopori  berdirinya Universitas Moch. Sroedji Jember.
B.  ARTI WARNA LAMBANG
•    PUTIH :  Melambangkan kesucian
•    HITAM :  Melambangkan ketegasan dan kesuburan dalam ilmu pengetahuan.
•    KUNING :  Melambangkan kemakmuran dan keheningan bagi umat manusia yang mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa.
•    HIJAU : Melambangkan harapan akan kesuburan dan kesegaran  jiwa.
C. BENDERA.
Universitas dan Fakultas mempunyai bendera   dan  lambang Universitas,  ditengah Dasar warna yang berbeda untuk masing-masing Fakultas.
D. Dasar Warna,
a.     Universitas                                          :    Kuning
b.     Fakultas Hukum                                   :    Merah.
c.     Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik         :    Biru.
d.     Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  :    Biru Laut.
e.     Fakultas Pertanian                                 :    Hijau Tua
f.      Fakultas Ekonomi                                  :    Kuning Muda.
g.     Fakultas Teknik                                      :    Merah Muda.
WAWASAN ALMAMATER.
1. Perguruan  tinggi  harus  benar-benar merupakan lembaga ilmiah sedang  kan kampus harus benar-benar merupakan masyarakat ilmiah.
2. Perguruan Tinggi sebagai ALMAMATER  (Ibu Asuh)  merupakan  suatu kesatuan  yang  bulat  dan  mandiri  dibawah  pimpinan  Rektor  sebagai Rektor Utama.
3. Keempat  unsur  civitas  Akademika  yakni  Pengajar, Karyawan Adminitrasi, Mahasiswa serta Alumnus mengabdi kepada masyarakat dan negara dengan jalan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4. Keempat Unsur Civitas Akademika dalam upaya menegakkan Perguruan  Tinggi sebagai Lembaga Ilmiah melaksanakan Tri Karya :
*     INSTITUSIONALISASI.
*     PROFESIONALISASI.
*     TRANSPOLITASI.
5. Tata Krama  pergaulan  di dalam   Perguruan Tinggi dan Kampus didasarkan atas kekeluargaan serta menjunjung  tinggi  keselarasan   dan keseimbangan  sesuai dengan Pandangan Pancasila.
Rencana Pengembangan
Dalam rangka mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni guna memenuhi kebutuhan pembangunan, Universitas Moch. Sroedji Jember bertekat menata diri, meningkatkan dan memperluas peran agar dapat meningkatkan kualitas dan relevansi, produktivitas, efisiensi, efektivitas serta pemerataan pendidikan.
Universitas Moch. Sroedji Jember berusaha meningkatkan penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui :
a. Meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta memiliki daya saing.
b. Membina dan mengembangkan sistem manajemen kelembagaan dalam peningkatan sumber daya.
c. Membuka Program Studi baru S1, Diploma (D1, D2, D3, non strata dalam bidang pendidikan dan latihan) Eksakta, Sosial yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
d. Meningkatkan status akreditasi dan membuka S2.
e. Meningkatkan frekuensi, mmeperluas partisan substansi dan analistik pembahasan guna memperoleh informasi ilmiah yang lebih relevan dan mendalam.
f. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain dalam peningkatan mutu lulusan.
g. Memperluas dan meningkatkan kualitas, kuantitas prasarana dan sarana penunjang pendidikan.
Fakultas:
–    fakultas hukum
–    FKIP
–    Pertanian
–    Ekonomi
–    teknik
Info Kampus UMS JEMBER
Bumi Sukorejo Jl. Sriwijaya 32, Jember – East Java
Telepon : 0331 – 339454, 335728
F ax       : 0331 – 89454.
e-mail     : info@ums-jember.ac.id

No Response

Comments are closed.