Siapkan Calon Anggota TNI, Pemkab Sinergi dengan Kodim dan Brigif

Bupati Jember dr. Hj.Faida,MMR., bersama Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Arif Munawar dan Danbrig 9 Jember Letkol Inf.Robby Suryadi menjadi narasumber dalam acara Opini dan Aspirasi (Opsi) di RRI Jember.

Dialog yang berlangsung satu jam ini mengangkat topik penerimaan Taruna TNI 2018 dan penguatan bela negara.

Prasyarat masuk taruna akademi militer disampaikan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Arif Munawar. Ada tiga prasyarat yang harus dipenuhi. Pertama, memiliki pengetahuan atau berpendidikan SMA, umur 17 tahun 9 bulan – 22 tahun. Kedua, kesehatan fisik dan jasmani. Ketiga attitude.

Dandim juga mengajak seluruh anak muda Jember dalam kesempatan yang terbuka luas untuk mewujudkan mimpi menjadi prajurit TNI ini.

Bupati menjelaskan, untuk menyiapkan diri para pemuda Jember yang ingin menjadi TNI, Pemkab Jember bekerjasama dengan Kodim 0824 dan Brigif 9 menyelenggarakan pelatihan persiapan masuk TNI.

Untuk mengikuti program sinergi Pemkab dengan TNI ini, pemuda Jember yang ingin menjadi TNI bisa mendaftar di Pemkab, Kodim, maupun Brigif. Seluruh anak Kabupaten Jember boleh mendaftar dengn KTP Jember tanpa melihat profesi orang tua.

Pelatihan persiapan masuk TNI itu akan berlangsung selama satu hingga dua minggu. Peserta akan masuk kamp Brigif selama pelatihan. Materi yang diberikan mulai fisik, kesehatan, dan psikotes.

Bupati juga menyampaikan program Satu Sekolah Satu TNI. Program kerjasama dengan TNI ini untuk memperkuat bela negara. Selain itu, program ini memberikan informasi, motivasi, dan kesiapan anak bangsa untuk menjadi TNI.

“Menyiapkan anak Jember kelak menjadi pemimpin bangsa,” tutur bupati.

Menurut Danbrig 9 Jember Letkol Inf. Robby Suryadi, kemauan dan persiapan harus ada untuk menjadi TNI. Danbrig berharap, dalam program Satu Sekolah Satu TNI mampu meningkatkan kemauan seluruh lapisan masyarakat mengabdikan diri sebagai TNI. (mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Siapkan Calon Anggota TNI, Pemkab Sinergi dengan Kodim dan Brigif"