Jember Kota Pandhalungan

Sosialisasikan Bantuan Keuangan Desa, Bupati Tekankan Transparansi dan Akurasi Data

Bertempat di Aula PB. Sudirman gedung Pemkab Jember, hari ini, kamis 26/05/2016 diadakan Sosialisasi Bantuan Keuangan (ADD, DD, BGH) guna mewujudkan program pengelolaan administrasi keuangan dan program pembangunan desa yang baik. Sekaligus guna mengangkat dan menggali setiap potensi yang ada disetiap desa di Kabupaten Jember.

“Dengan adanya ini desa diharapkan dapat terbantu dalam mengangkat potensi desa masing-masing dan terbantu dalam memahami pengelolaan tentang administrasi keuangan desa,” tutur Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR.

Bupati juga berharap dalam pengelolaan keuangan desa, dilakukan secara transparan dengan datanyang akurat.

“Pembangunan Jember akan lancar dan maju apabila analisis data sesuai, karena ini sangat penting, kita hanya berbicara data, apabila ini tidak sama maka perencanaan dan pembangunannya tidak maksimal,” tegasnya.

Sementara itu terkait dengan keuangan desa untuk mekanisme pencairan bantuan sama dengan tahun kemarin, pencairan pertama 60% pencairan kedua 40% dari anggaran ADD.

Lounching Desa Id

Disamping mensosialisasikan pengelolaan keuangan desa, Bupati pada acara tersebut juga meluncurkan program desa online atau desa id.

Dengan adanya desa online menurut Bupati, Pemkab Jember terbantu dalam memantau secara langsung sejumlah desa yang ada di Kabupaten Jember.

Perlu diketahui bahwa saat ini desa yang memilki website tersebut  67 desa dari sekitar 226 desa yang ada di Jember. Daftar 67 desa yang telah memiliki website resmi dapat diakses di website resmi pemkab jember dengan link berikut, “https://jemberkab.go.id/desa-kita/” atau juga dapat mengujungi http://desa.jemberkab.go.id/.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, Rektor Uneversitas Jember yang diwakili oleh Pembantu Rektor 1, Drs. Zulfikar, ph.D, Ketua PKK Jember, sejumlah Kepala SKPD, Kepala Desa Se Kabupaten Jember serta relawan mahasiswa dari Universitas Jember.

Tak lupa Bupati Faida juga memberi apresiasi kepada mahasiswa Unej yang telah menjadi relawan dalam pembangunan desa yang ada di Jember.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga mencoba untuk melakukan percakapan melalui video dengan sejumlah perangkat desa yang terdapat di kantor desa, diantaranya desa yg di ajak untuk melakukan percakapan dengan video secara langsung adalah Desa Tegalsari, Desa Mlokorejo dan Desa Sumber Wringing. Percakapan ini tentu dilakukan guna memastikan bahwa desa tersebut benar benar sudah online.

Dalam kesempatan ini juga diadakan Launching Desa Online, dimana program desa online berupa website desa telah ditandatangani oleh Bupati Jember, dalam rangka MOU antara Pemkab Jember dengan Unej terkait dengan pembangunan dan pengembangan desa online.  (Zikin, Mutia)

No Response

Leave a reply "Sosialisasikan Bantuan Keuangan Desa, Bupati Tekankan Transparansi dan Akurasi Data"