Tahap Awal, Bupati Bagikan 791 Buku Tabungan Kepada Penerima Beasiswa

Proses pemberian bantuan beasiswa kepada mahasiswa Kabupaten Jember, sebagaimana 22 Janji Kerja Bupati Jember, dr.Faida.MMR dan Wakil Bupati Jember, Drs.KH.Muqit Arief, siang tadi sudah memasuki tahapan penyerahan buku tabungan kepada mahasiswa penerima. Seperti dikatakan Bupati Faida, bahwa beasiswa yang masuk tahap awal yang telah siap dibagikan kurang lebih sebanyak 791 dengan kelengkapan administrasi.

“Program awal harus segera terlaksana dan juga harus segera disempurnakan dalam ketidaksempurnaan. Sambil berjalan juga, dalam penerimaan dan pembagiaan ini dipastikan tidak ada pungutan liar,” ujar Bupati Faida, dalam acara Penyerahan Beasiswa Mahasiswa S1, D.IV dan D.III asal Jember tahun 2017, di lantai dua Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Sabtu (11/11/2017).

Penyerahan beasiswa di Pendopo Wahya Wibawagraha yang juga dihadiri Wakil Bupati Jember, Drs.KH.A.Muqit Arief dan Kepala Staf Kepresiden Indonesia, Drs.Teten Masduki itu, kata bupati, merupakan gelombang pertama. Sedang untuk gelombang kedua, akan dilaksanakan pada bulan Januari tahun depan, dengan perkiraan jumlah penerimanya juga berasal dari keluarga posyandu serta sopir angkot.

Pemberian beasiswa ini, lanjut bupati, juga diperuntukkan bagi guru PAUD yang akan meningkatkan kualitas SDM-nya. Namun syarat yang harus dipenuhi, yakni minimal sudah mengajar selama satu tahun.

Ditegaskan bupati, bahwa beasiswa kuliah ini, diperuntukkan bagi mahasiswa yang tinggal dimanapun. Asal mahasiswa tersebut betul-betul anak Jember, mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan beasiswa.

Sementara untuk beasiswa dengan APBN, bupati menyatakan, akan berkoordinasi dengan pusat. Ini akan dikoordinir oleh Bupati Jember, agar anak-anak Jember, bisa mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan tinggi.

KepalaStaf Kepresidenan, Drs. Teten Masduki, yang hadir dalam acara itu, menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kebijakan Bupati Faida. Beasiswa ini, kata dia, dapat memicu mahasiswa untuk berprestasi.

“Selamat kepada adik-adik yang sudah mendapatkan beasiswa. Dan jika nanti ada anak terbaik dari Jember ini, bisa juga mendapat beasiswa LPDP di universitas terbaik di seluruh dunia,” ucap Teten.

Disampaikan bahwa beasiswa ini sebagai bentuk pemberian kesempatan yang sama kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu untuk menempuh pendidikan tinggi. Pemerintah lanjut dia, memang sedang menggalakan kesempatan pendidikan termasuk ke sekolah di universitas-universitas dunia.

“Yang terpenting, bagaimana mereka disiapkan untuk bisa bersaing, tidak hanya di pasar tenaga kerja dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi saya kira mungkin beasiswa ini bukan hanya memberikan kesempatan pendidikan saja, tetapi juga beasiswa kepada anak terbaik di daerah. Karena kunci agar bisa bersaing, kita harus melahirkan inovator di bidang tekhnologi dan pengetahuan serta biaya ilmu riset harus diprioritaskan,” ujarnya.

Kehadiran Teten Masduki ke Jember kali ini, memang dalam rangka penyerahan bantuan 1000 beasiswa dari APBD. Ini sesuai dengan pesan presiden, bahwa mahasiswa merupakan masa depan bangsa. Dan generasi muda merupakan bagian penting dari pada pembangunan negara ini. (Izza, Indra GM)

No Response

Comments are closed.