Download Logo HUT RI 72

TANDINGKAN 16 KLUB KASTI TERBAIK

1078 views

Kasti adalah salah satu olahraga yang legendaris. Keberadaannya cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya di pedesaan. Di Jember, olah raga ini masih sering dimainkan, khususnya di kawasan timur Jember. Pada Jember Multi Event 2013, kasti kembali ditampilkan untuk melestarikan dan menghibur masyarakat yang sudah rindu pada atraksi pemain kasti yang seru untuk ditonton.

Ketua Panitia Pertandingan Kasti Jember Multi Event 2013, Kusnadi, mengatakan Open Turnamen Kasti 6 akan dibuka pada 6 September 2013 pukul 3 sore di alun-alun Jember. Setiap sore akan ada dua partai yang bertanding di alun-alun. Namun pihaknya masih belum bisa memastikan kapan final akan diselenggarakan karena dikhawatirkan alun-alun dipakai untuk kegiatan multi event yang lain.

“Kita prediksi hingga tanggal 17 September 2013. Namun jika alun-alun terpakai, kita tunda pertandingannya,” jelas Kusnadi.

Sebelum dilaksanakan di Alun-alun Jember, dalam 1 bulan terakhir, pihak panitia penyelenggara sudah melaksanakan pertandingan ekshibisi di Pakusari untuk mencari pemain-pemain yang layak untuk tampil di kota Jember. Penilaian didasarkan pada beberapa hal seperti sportivitas, kerapian, dan lain-lain. Dari hasil ekshibisi itulah diperoleh 16 besar klub kasti terbaik dari 100 klub kasti yang mendaftar.

“Mereka semua berasal dari seluruh Kabupaten Jember yang memiliki sentra-sentra kasti seperti Pakusari, Kalisat, Ledokombo, dan lainnya,” ungkapnya.

Pertandingan kasti yang ada di Kabupaten Jember memakai sistem gugur. Pada acara pembukaan tanggal 6 mendatang, diadakan pertandingan persahabatan. Setiap klub yang telah terdaftar wajib hadir untuk melihat pertandingan persahabatan tersebut. Tercatat nama klub Bahana Sawunggaling dari Pakusari dan Kelayu dari Mayang yang akan mengisi pertandingan persahabatan di kelompok putra. Sedangkan untuk regu putri, akan ada klub Goyang Ngebor dari Sebanen Kalisat dan klub Laba-Laba Mania dari Seputih Mayang.

“Untuk klub putri memang hanya untuk ekshibisi saja saat pembukaan, belum untuk open turnamen,” pungkasnya.(anne)

No Response

Comments are closed.