Jember Kota Pandhalungan

Tarik Wisatawan, JMB Paparkan Program Event Internasionalnya.

JMB (Jember Marching Band) memaparkan program atau berbagai event yang bakal dilaksanakan pada 2016/2017 kepada Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., di ruang rapat Bupati. Menurut Tri Basuki selaku Ketua dan penanggung jawab JMB, dalam waktu dekat ini event JMB yang akan berlangsung adalah Kejuaraan Internasional Jember Open Marching Band Competition V, 22-25 September 2016 di Jember Sport Garden, GOR PKPSO dan alun alun Jember, pukul 15.30 – 22.00.

“Tujuan kompetisi ini untuk pembinaan generasi muda melalui kegiatan olah raga dan seni Drum Band & marching Band agar terhindar dari bahaya narkoba,” tuturnya dihadapan tim JMB, dan sejumlah pejabat Pemkab yang mendampingi Bupati Faida pada acara tersebut, Selasa siang (21/6/2016).

Selain itu juga mempromosikan Kabupaten Jember ke dunia international, peningkatan pariwisata, dan persahabatan dunia melalui JMB. Sesuai agenda yang ada, kompetisi bakal diikuti oleh 40 satuan Marching Band dari 10 negara yaitu Thailand, Philipina, Malaysia, South Africa, China, Hongkong, Indonesia, Jepang, Taiwan, USA dengan dewan juri dari 5 negara.

Event selanjutnya adalah kejuaraan Winter Guard International Asia Tenggara pada tanggal 15- 20 Oktober 2016 di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. “Setelah itu kita juga turut berpartisupasi di Kejuaraan dunia Winter Guard International 19-23 April 2017 di OHIO -USA,” imbuhnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, dukungan yang diharapkan JMB dari Pemkab Jember adalah menjadikan Kejuaraan International JOMC sebagai kegiatan rutin tahunan dimasa yang akan datang. Selain itu memfasilitasi pengguna stadion JSG sebagai stadion vanue pelaksanaan JOMC 2016 sekaligus memperkenalkan stadion JSG sebagai stadion yang bertaraf international. “Dukungan pendanaan akomodasi pengiriman atlet Jember Marching Band dalam rangka mengikuti kejuaraan dunia di Amerika Serikat bulan april 2017, juga kami harapkan,” ungkap Tri Basuki.

Menurutnya, selama ini cara yang membuat peserta tertarik mengikuti yang pertama pelaksanaan launching kejuaraan dari Malaysia di BMC, kemudian mempromosikan Jember Marching Band, sampai mendapat link diberbagai negara. Dan pada JOMC kali ini langsung diminati para JMB dinegara lain. Yang kedua dengan website JMB serta facebook JMC, juga referensi dari juri-juri Thailand dan Malaysia, bahwa Jember bisa memberikan keamanan dan fasilitas JOMC. “JMB menunjukkan kepada negara lain, sebagai tim yang profesional, dan juga ramah pada semua tim yang hadir.

Sementara itu, Bupati Faida menyampaikan akhirnya audensi dengan JMB terlaksana juga, dari sisi Dinas Pariwisata targetnya adalah kunjungan wisatawan ke Jember meningkat. “Targetnya kunjungan wisata nusantara dan wisatawan mancanegara, meningkat sehingga perlu sinergitas antar stake holder yang ada,” tuturnya.

JMB juga harus membuat proposal untuk setiap kepala daerah terkait event tersebut, hingga menarik lebih banyak peserta dalam negeri. “Dan jangan diremehkan, terkadang kita terlalu mengejar yang di kejauhan sementara didalam negeri terlupakan, JMB harus menetapkan provinsi yang akan dituju sehingga kita tau provinsi yang belum dituju, di cek juga kota di Jawa Timur yg belum mengikuti JMB,” terangnya.

Kemudian untuk persiapan venuenya harus ada tulisan Jember, panitia perlu berkoordinasi dan berbagi tugas dengan kepariwisataan, dan masing-masing peserta harus ada yang mendampingi. Bupati juga berharap JMB menjadi suatu organisasi percontohan yang mandiri. “Jangan sampai kalau tidak ada support, kegiatanya tidak jalan, tetapi JMB ada dan tidak adanya suport pada setiap kegiatan itu harus tetap jalan, dan jika nantinya akan disuport atau dibantu, larinya harus kencang,” harapnya.

Diharapkan dari panitia nantinya, jika ada kesulitan akomodasi harus disampaikan jauh-jauh hari. “Hal seperti itu jangan diatasi sendiri, kalau JMB bagus, pasti bagusnya milik JMB tetapi kalau JMB jelek, maka akan menjadi jeleknya Jember, itu yang menjadi masalah, sehingga harus benar dipersiapkan dengan baik,” imbuhnya.

Bupati Faida juga menyarankan, harus ada pra event, dikombinasikan dengan semangat masyarakat terhadap JMB ini. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Tarik Wisatawan, JMB Paparkan Program Event Internasionalnya."