Jember Kota Pandhalungan

Tekan Penyebaran HIV AIDS

66 views

Dinas KesehatanUntuk meminimaisir penyebaran penyakit HIV AIDS,   Dinkes Jember  melakukan program ABAT, atau yang disingkat dengan Program Aku Bangga Aku Tahu. Selain bertujuan untuk meminimalisir meningkatnya penyakit HIV AIDS, program tersebut juga bertujuan untuk memberi ilmu kepada para pelajar khususnya agar mereka lebih paham dan mengetahui lebih jauh mengenai HIV AIDS.

“Program tersebut bertujuan agar sasaran kita terutama para pelajar ini tau dan lebih paham mengenai apa itu HIV AIDS, dampaknya bagaimana, cara penularannya seperti apa, dengan begitu mereka akan lebih berhati-hati terhadap penyakit ini”ujar Yumarlis.

Ia juga menjelaskan bahwa kasus HIV AIDS terus meningkat dari tahun ke tahun,  hal itulah yang melatarbelakangi Dinkes untuk bergerak dan mensosialisasikan dampak dan bahaya dari HIV AIDS tersebut.

“Tahun 2004 ada 11 kasus HIV AIDS, tahun 2014 hingga bulan Juni ini sudah terdapat 1335 kasus, 88% adalah mereka yang berusia 20-49 tahun, dan 18% usia 15-24 tahun , kalau ini dibiarkan nanti akan terus meningkat karena itu harus dicegah, salah satu caranya dengan memberikan pemahaman ini “imbuhnya.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan banyak hal menganai HIV AIDS, mulaid ari pencegahan , penularan HIV AIDS, dan bagaimana memperlakukan teman atau saudara yang positif mengidap penyakit ini.

“Kalau untuk pelajar , ada sistem pembelajaran seperti kami melakukan sosialisasi dengan pre test , ada pembagian kelompok kemudian nanti mereka presentasi, pemutaran film, penyuluhan dan ada juga post test” tegasnya. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan agar penyebaran penyakit HIV AIDS tersebut dapat diminimalisir. (*)

No Response

Comments are closed.