Jember Kota Pandhalungan

Telkom, RRI, IJTI, RAPI, IAI Paparkan Program Dukungan Kepada Bupati

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR mengadakan gelar audiensi bersama PT. Telkom Jember, RRI Jember, IJTI Jember, RAPI juga bersama IAI dalam rangka menumbuhkembangkan Kabupaten Jember menjadi Kota yang berkembang dengan kecanggihan tekhnologi juga dengan keindahan arsitektur kota. Kegiatan berlangsung pada hari Rabu siang hingga malam (2/11/2016).

Dengan RRI Jember, Rapi, Telkom Jember beserta peserta audiensi lainnya siap mendukung program kerja Bupati Jember. Perwakilan dari Telkom Jember menyampaikan mengenai sistem kerja berjaringan yang dimana smartphone dapat di gunakan sebagai video online dalam memudahkan memantau keadaan secara online, dicontohkan SPGDT dan e-puskesmas menjadi bahan paparan pihak Telkom dimana sistem kerja SPGDT ini ialah sebuah sistem penanggulangan gawat darurat juga e-puskesmas dengan menggnakan internet untuk pelayanan kesehatan secara mudah dan mensolusikan kesehatan secara online, dengan peralatan canggih pasien dapat mendaftar sendiri tanpa harus mendaftar kepada perawat, sistem e-puskesmas ini di sosialisasikan kepada segenap Dinas Kesehatan yang lalu di buat pelatihan juga pendampingan dan di lakukan sebuah evaluasi.

RAPI yaitu Radio Antar Penduduk Indonesia adalah organisasi yang di akui dan di sahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai satu-satunya wadah resmi bagi pemilik Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk. Dimana kesiapan RAPI dalam mendukung Program Bupati yaitu RAPI siap menjadi pelopor dalam Bantuan Komunikasi kewaspadaan dini dalam kebencanaan, RAPI siap menjadi pelopor surveilance berbasis masyarakat dengan jaring Komunikasi Radio Antar Penduduk, RAPI siap dimobilisasi dalam even-even Kabupaten dan ada 3 kegiatan diantaranya kegiatan rutin BANKOM PAM Arus Musik Hari Raya Idul Fitri, BANKOM PAM Natal dan Tahun Baru, Kegiatan Emergency BANKOM penanggulangan Bencana Alam, BANKOM KLB wabah penyakit, Kegiatan insidentil BANKOM TAJEMTRA dan JFC, BANKOM adventure Trail dan ruang Off Road.

Kegiatan Organisasi RAPI akan melaksanakan kegiatan menunjang Program Pemerintah dalam Pembangunan Nasional memelihara keamanan negara ketertiban masyarakat serta berperan membina penggunaan perangkat komunikasi radio antar penduduk, membantu Pemerintah dalam bantuan komunikasi cadangan dan menyelenggarakan Bantuan Komunikasi radio dalam hal penanggulangan Bencana alam, marabahaya, wabah penyakit serta Bantuan Komunikasi lainnya.

Tim dari RRI Jember memaparkan sebuah program yang dimana peogram tersebut adalah sebuah program baru di Kabupaten Jember yaitu melaksanakan radio pasar dengan pengertian bahwa program siaran radio yang bersifat infotaiment yakni gabungan antar informasi dan hiburan dengan sajian informasi adalah kegiatan transaksi jual beli yang terjadi di pasar atau di sebut info pasar, manfaat radio pasar di antaranya program ini dapat menjadi sarana penelitian dan pengembangan tentang potensi pasar, dengan memberikan informasi dan pengetahuan seputar produk yang diperjual belikan dipasar mulai dari ketersedian barang, dan kestabilan harga maka radio pasar bisa dijadikan pusat informasi bagi para pelaku pasar termasuk industri, melalui acara ini mengajak masyarakat untuk apa berbelanja ke pasar tradisional, karena pasar tradisional adalah kehidupan masyarakat di pasar ekonomi, intonasi, pendidikan, kesehatan, keamanan dan semuanya berada di pasar.

Sementara itu tim dari IJTI Tapal Kuda memaparkan sebuah trailer mengenai potensi Jember yang mana dalam menumbuh kembangkan dan mempromosikan potensi tentang Jember maka IJTI menyampaikan bahwa akan di adakannya sutau perlombaan dalam pembuatan trailer pendek mengenai potensi jember dengan point dari film pendek yaitu kegiatan yang dapat di sinergikan.

Di lanjut dengan paparan dari IAI yaitu Ikatan Arsitek Indonesia yang telah merencanakan dan akan membangun taman-taman di kecamatan yang sesuai dengan karakteristik daerah dengan memanfaatkan badan pulau jalan, sempadan sungai, bantaran KA dan vertikal garden ini telah di buat konsep perencanaan Kota Jember dengan pengembangan ruang kota. Penataan kawasan pasar tanjung yang dimana pasar tanjung adalah pasar tradisional maka dengan ini tim dari IAI juga telah merancang penataan pasar Tanjung menjadi pasar yang rapi, cantik dan tertata.

Maka dengan segenap paparan tersebut Bupati Jember menyampaikan tanggapannya terkait kerja bersama ini Pemkab Jember telah mengambil keputusan bersama beserta segenap Kepala SKPD terkait bakal di jadwalkan mengantor di desa, dimana ngantor di desa menjadi kemanfaatan bagi semua pihak, perpus keliling, ngecek rumah tak layak huni, groboyakan KTP, puskesmas keliling, dan semua kumpul disini bersama sedang merajut potensi-potensi yang ada di Kabupaten Jember, Bupati Jember juga sudah berkomitmen dengan lembaga keuangan 80% masyarakat terakses dengan lembaga keuangan.

Maka dengan adanya radio pasar banyak hal yang dapat di komunikasikan, acara- acara untuk membangun sinergisitas ini di bangun bersama-sama dengan turut sertanya lembaga-lembaga ini dalam sistem ngantor di desa maka dapatlah berjalan suatu sistem perencanaan tersebut dan dapat menjadi suatu kompleks yang bersinergi. Dimana Pemkab Jember telah membuat satu paket wisata dengan mengembangkan berbagai pariwisata di Kabupaten Jember. Bupati Jember menyampaikan bahwa tujuan audiensi ini untuk menggali potensi lokal menjadikan suatu sinergisitas yang bermanfaat.

Sedangkan untuk IAI diminta untuk mengubah pasar tanjung dengan sedemikian rupa dan di harapkan juga perencanaan ini di konkritkan dengan sebaik mungkin bersama tim IAI yang ada, dalam penataan ini akan diadakan gotong royong bersama dalam mempercantik toko di pasar tanjung, kota di bangun dengan sumber daya dari kota ini sendiri. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Telkom, RRI, IJTI, RAPI, IAI Paparkan Program Dukungan Kepada Bupati"