Terkait Kesejahteraan Petani, Bupati Minta HKTI MoU Dengan Pemkab

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menegaskan perlunya nota kesepahaman atau MoU antara Pemkab Jember dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Hal ini disampaikan Bupati Faida Rabu sore (27/9/2017) saat menerima Ketua Umum DPN HKTI Jendral (Purn) H. Moeldoko beserta rombongan pengurus HKTI Pusat, Jawa Timur (Jatim) dan Jember.

Harapan Bupati akan adanya MoU tersebut disampaikan setelah H. Moeldoko menyampaikan panjang lebar tentang peran serta HKTI dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Termasuk melahirkan benih unggul yang bernama M400 yang tahan terhadap hama penyakit karena dalam penelitiannya sudah dilakukan ujicoba dan diawasi perkembangannya dengan teliti dan sudah ditanam di Jombang, dan terbukti tahan akan serangan hama.

Untuk itu, supaya berkesinambungan dan tidak hanya putus ditengah jalan, menurut Bupati Faida harus ada nota kesepahaman kerjasama antara Pemkab Jember dengan HKTI. “Segera lakukan MoU supaya ada kejelasan dan berkesinambungan untuk mensejahterakan petani,” tegas Bupati.

Harapan Bupati langsung direspon positif oleh H Moeldoko dengan menyanggupi hal tersebut. “Segera, secepatnya kita tindaklanjuti MoU itu, demi meningkatkan kesejahteraan petani di Jember,” ujarnya.

HKTI melalui kepengurusan dari tingkat pusat hingga daerah siap menindaklanjuti dan mensukseskan segala bentuk program pertanian. Bahkan HKTI juga mempersiapkan tenaga teknis dilapangan yang bertugas mendampingi petani, khususnya yang menggunakan benih M400.

Jika diketemukan yang kurang baik pada tanaman padi, maka tim teknis bakal membuat laporan kepada DPN HKTI untuk selanjutnya dilakukan penelitian ulang akan benih yang ada.

Sementara itu, Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Rudianto menyatakan jika kerjasama dengan Pemkab bisa direalisasikan, maka bakal sangat bermanfaat bagi petani. Benih yang disosialisasikan oleh H Moeldoko melalui teknologi modern, mampu tahan dari serangan hama dan mampu menghasilkan kuantitas maupun kualitas yang bagus juga. (*/Izza)

No Response

Comments are closed.