Tim Kesehatan Sediakan Layanan Laktasi untuk Peserta

This slideshow requires JavaScript.

Tim kesehatan yang bertugas di pelaksanaan tes penerimaan CPNS di Balai Serba Guna Kaliwates  (BSG) menyediakan layanan laktasi. Layanan ini disediakan bagi peserta yang menyusui.

“Kita tetap sediakan, takutnya ada ibu menyusui dan bayinya dibawa,” ujar Abmaria, perawat Puskesmas Pakusari yang sedang mendapat giliran bertugas di BSG.

Lebih jauh Abmaria menjelaskan, tugas tim kesehatan menangani pasien pertolongan pertama saja. Pasien yang ditangani, jika ada peserta dengan keluhan tertentu. “Terdata banyak keluhan pusing dan mual, mungkin karena grogi atau stres,” tuturnya.

Tindakan terhadap peserta dengan keluhan, jelasnya, yakni diperiksa terlebih dulu tanda-tanda vitalnya. Peserta dengan keluhan akan dilayani di tempat kesehatan. Namun, jika tidak kuat berjalan maka tim kesehatan akan menjemput.

“Peserta  yang mengeluh sakit kepala atau pingsan, kita berikan penanganan pertama. Jika peserta butuh dirujuk maka kita rujuk,” jelasnya. Ada satu unit mobil ambulans siaga di BSG.

Ada dua tim kesehatan dari Puekesmas setiap hari bertugas. Setiap hari petugas yang berjaga bergantian.

Sintya, peserta yang hamil asal Banyuwangi, mengaku enjoy menghadapi soal ujian yang cukup sulit. “Yang  jelas ada soal yang sulit, tapi ini saya buat enjoy aja,”

Sintya yang merupakan guru SMP di Banyuwangi ini mengatakan, secara umum sudah mempersiapkan materi.

Selain itu juga berdoa, berusaha, berpasrah diri kepada Allah. “Tapi ya saya masih tetap berusaha, walaupun saya hamil sembilan bulan saya memberanikan diri untuk ikut tes,” tuturnya.

Selama berlangsung, tes CPNS pada Senin 29 Oktober 2019 berjalan lancar. Tercatat peserta yang tidak hadir pada sesi I sebanyak 7 orang, sesi II sebanyak 6 orang, sesi III sebanyak 2 orang, dan sesi IV sebanyak 7 orang tidak hadir. (izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Tim Kesehatan Sediakan Layanan Laktasi untuk Peserta"