Jember Kota Pandhalungan

Tingkatkan Sinergitas TNI dan Pemkab, Bupati Jamu Pangdam

Bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha Jember, Senin malam (13/2/2017) Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR bersama Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief menyambut kedatangan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana. Acara ramah tamah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas TNI dengan Pemkab Jember dalam rangka kerjasama untuk mensejahterakan masyarakat.

Kedatangan Pangdam V/Brawijaya beserta rombongan langsung diterima dengan ucapan selamat datang oleh Bupati Faida. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan sinergisitas Pemkab Jember, masyarakat bersama jajaran TNI AD terjalin dengan harmonis, untuk tahun 2016 ada beberapa kegiatan yang di lakukan bersama-sama di antaranya program aksi kemanusiaan.

Dan pada tahun 2016 pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tidak dapat di lakukan karena ada pengubahan mekanisme pengelolaan keuangan di pihak TNI sehingga tidak dapat mengalokasikan anggaran untuk dana hibah.

Untuk tahun 2017 Pemkab Jember bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember akan melaksanakan TMMD Reguler ke-98 tahun 2017 yang akan di laksanakan di Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru dengan pemilihan lokasi yang sudah di pertimbangkan dengan kondisi kemiskinannya paling tinggi desa pinggiran yang merupakan desa berstatus berkembang menurut indek desa membangun dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi RI.

Berikut dengan alokasi anggaran APBD tahun anggaran 2017 yang telah di siapkan untuk TMMD sebesar 1,2 M terdiri dari kegiatan fisik sebesar 843 juta dan kegiatan non fisik perencanaan koordinasi pencanaan dan evaluasi sebesar 357 juta yang pelaksanaannya di rencanakan pada bulan Mei tahun 2017.

Dibidang pertanian tahun 2017 dalam rangka menjaga kondisi ketahanan pangan melalui kegiatan peningkatan produksi padi atau kedelai di alokasikan sebesar 7,14 M yang meliputi benih padi, kedelai dan pupuk kegiatan melalui pendampingan di lapangan bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember.

Dan sasaran program perbaikan rumah kurang layak huni di Kabupaten Jember untuk anggaran 2017 akan di bangun paling sedikit 400 unit dengan alokasi anggaran sebesar 3 M bersumber dari APBD dan JSR Bank Jatim yang mungkin juga akan bekerjasama dengan Kodim 0824. Untuk akses sanitasi masyarakat yang saat ini baru 69,21 % terakses dari target 77 % pada tahun 2017 kepemilikan jamban komunal saat ini 123.997 KK dan untuk jamban keluarga 400.363 Keluarga.

Dan kegiatan yang akan di laksanakan di tahun 2017 ialah sanitasi total berbasis masyarakat di 24 Desa pada Desa PAM Simas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) kegiatan ini meliputi pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat di rumah tangga dan sekolah, pertemuan orientasi natural leader STBM dan pembinaan pasca pemberdayaan termasuk verivikasi Desa STBM serta beberapa penunjang yang terkait.

“Saya berharap malam ini menjadi malam kekeluargaan bagi kita semua dan semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik,” tutur Bupati.

Pada acara tersebut juga ditandai dengan penyerahan cinderamata dari Pangdam V Brawijaya kepada Bupati Jember berikut juga Cinderamata dari Bupati Jember kepada Pangdam V Brawijaya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijawa Mayjend TNI I Made Sukadana menyampaikan bahwa kerjasama ini, saling membutuhkan dan antara keamanan juga kesejahteraan harus seiring berjalan untuk suksesnya pembangunan.

Kerjasama ini menurut Pangdam Sukadana karena sistim pertahanan Negara ialah sistim pertahanan rakyat semesta dimana kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan kekuatan siap untuk itu TNI perlu dekat dengan masyarakat menggunakan cara membantu meningkatkan kesejahteraan yang saat ini juga telah bekerjasama dengan Kementeri Pertanian dalam upaya meningkatkan produksi padi.

Pangdam Sukadana juga menyampaikan terimakasih karena dapat bekerjasama dengan Pemkab secara berkesinambungan. “Dengan begitu prajurit bisa lebih dekat dengan masyarakat dan semoga dengan ini kesejahteraan masyarakat meningkat seiring juga keamanan yang semakin meningkat.” Jelasnya.

Negara yang di kelola dengan menggunakan 4 konsensus dasar Bangsa yaitu ideologi Negara Pancasila, UUD’45, Bhineka Tunggal Ika dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia inilah hal yang perlu di pegang dan diyakini. (Izza)

No Response

Leave a reply "Tingkatkan Sinergitas TNI dan Pemkab, Bupati Jamu Pangdam"