Jember Kota Pandhalungan

TP PKK Dibekali Pelatihan Public Speaking

Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan, Kelurahan/Desa se-Kabupaten Jember pagi tadi, Selasa (27/9/2016) dibekali pelatihan public speaking. Pelatihan yang di hadiri oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief selaku Pembina TP PKK Kabupaten Jember, Ketua TP PKK Kabupaten Jember, Hj. Maimunah Muqit Mpd, Kepala SKPD, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, Drs. Agung Purwanto Ms.i selaku narasumber, berlangsung di Pendopo Wahya Wibawa Graha.

Acara tersebut diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kemampuan seluruh TP PKK Jember sebagai pemimpin dan pengambil keputusan dalam melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK Jember di wilayah masing-masing. Sasaran peserta terdiri dari tim penggerak PKK Kabupaten Jember, tim penggerak PKK se-Kecamatan Kabupaten Jember, tim penggerak PKK Kelurahan/Desa se- Kabupaten Jember.

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten, Hj. Maimunah Muqit Mpd bahwasannya kegiatan public speaker bagi tim penggerak PKK Kabupaten Jember adalah salah satu program tim penggerak PKK Kabupaten Jember selaku bagian sekretariat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan seluruh tim penggerak PKK Kabupaten Jember.

“Selaku tim penggerak PKK harus mampu memahami hakikat sumberdaya masyarakat agar kegiatan senantiasa berkaitan dengan aspek pemberdayaan masyarakat yang di harapkan, memahami keadaan koasial agar dapat mengembangkan jenis program pemberdayaan sesuai dengan tingkat kebutuhan.” Tuturnya.

Untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan maka harus bersungguh-sungguh turun langsung ke lapangan untuk membantu dan mensejahterakan keluarga masyarakat sebagai upaya mempercepat kemajuan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Dengan harapan setelah pelaksanaan publik speaking seluruh ketua tim penggerak PKK se-Kabupaten Jember lebih mampu memahami menyadari fungsi dan tugas serta tanggupjawabnya selaku pimpinan dan pengendali aktifitas gerakan PKK di wilayah masing-masing.” Imbuhnya.

Sementara itu pada arahan dan sambutan Wabup, Kyai Muqit, menegaskan akanpentingnya kemampuan seseorang dalam hal publik speaking, berbicara di depan publik ada yang berpendapat bahwa bakat ini hanya bakat yang dimiliki oleh segelintir orang sehingga bakat seperti ini tidak di miliki oleh banyak orang. Karena bakat juga tidak akan maksimal jika tidak terlatih.

“Karena bakat hanya satu persen dan sembilan puluh sembilan persen, jadi sangat tergantung bagaiaman kita berupaya, harus dilatih dan dipelajari,” jelasnya.

Kemampuan public speaking yang berkaitan dengan tugas PKK ini menjadi sesuatu yang tidak bisa di hindari karena ini merupakan hal untuk mensosialisasikan program dan bagaimana untuk menyampaikan motivasi kepada masyarakat juga anggota. “Jika tidak terampil berbicara di depan public, maka bias berakibat salah informasi atau salah penerimaan oleh masyarakat atau anggotanya,” imbuhnya.

Public speaking harus terus dilatih, serta usaha untuk di latih sendiri dan nanti dalam pelatihan ini akan di bimbing dan dijelaskan oleh narasumber. Semoga dapat menghasilkan sebuah hal yang maksimal dan ini akan menjadi pintu masuk untuk tim penggerak untuk menyampaikan program kerja kepada masyarakat. Dengan pelatihan dan praktek yang di laksanakan di lapangan maka kemampuan akan bertambah.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan arahan-arahan dari narasumber seperti halnya publik speaking yang berbicara di depan umum, bagaimana cara mengatasi gugup, teknik pernapasan dan beberapa materi lainnya yang di dengarkan secara seksama oleh seluruh tim penggerak PKK. (Izza)

No Response

Leave a reply "TP PKK Dibekali Pelatihan Public Speaking"