Jember Kota Pandhalungan

Tradisi Membaca dan Menulis Masyarakat Jember

resume 23 aprilBuku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Budaya Membaca harus ditanamkan sejak dini karena budaya membaca tidak akan lahir seketika ketika dewasa tanpa melalui pembiasaan membaca sejak kecil, maka dari itu Kantor Perpustakaan kabupaten Jember masih mempropagandakan budaya membaca kepada masyarakat. Budaya  membaca seharusnya bisa menjadi suatu kebutuhan karena asupan yang paling pokok dibutuhkan oleh otak kita adalah asupan- asupan informasi yang bisa didapat dengan cara membaca. Salah satu upaya yang dilakukan oleh kantor perpustakaan kabupaten Jember yakni dengan menyediakan bahan-bahan bacaan, sarana yang memadai, pelatihan-pelatihan dan sosialisasi yang semuanya itu dapat memudahkan masyarakat untuk membaca. Pada tahun 2007 kantor perpustakaan mulai menyediakan pengadaan bis perpustakaan keliling Jember untuk pengenalan perpustakaan kepada masyarakat. Perpustakaan keliling siaga di sekolah-sekolah, tempat-tempat umum dan tempat-tempat wisata. Setiap malam Minggu perpustakaan keliling siaga di pojok alun-alun kota Jember.

Kantor perpustakaan juga mengadakan pameran di gedung Sutarjo. Kantor perpustakaan memperkenalkan perpustakaan juga melalui media massa seperti radio, koran, dan majalah. Kantor perpustakaan mencoba menyediakan sarana yang memadai untuk masyarakat agar masyarakat tertarik untuk pergi ke perpustakaan, Salah satu sarana yang disediakan oleh kantor perpustakaan yakni adanya fasilitas studio khusus internet dan fasilitas hiburan seperti tempat karaoke.Salah satu syarat agar masyarakat tertarik untuk membaca yani membaca harus menyenangkan agar orang ketagihan untuk terus membaca.

Membaca juga sangatlah dibutuhkan oleh seorang penulis untuk mendapatkan berbagai referensi yang luas, informasi dan data yang lengkap sehingga kosa kata yang dibuat bisa menjadi lebih lengkap dan tulisannya pun menjadi lebih utuh. Seseorang tidak akan pernah bisa memnjadi seorang penulis jika tidak mau membaca. Semakin kita sering menulis maka semakin sering pula kita membaca karena buku adalah guru yang paling setia. Seorang pemimpin yang hebat adalah seorang yang sudah pasti kutu buku. Kantor perpustakaan menghimbau kepada masyarakat agar dalam membaca mereka menggunakan konsep membaca cerdas yang dimana konsep membaca cerdas tersebut berguna untuk menyaring informasi-informasi yang penting. Dilihat dari sisi fungsionalnya, kebutuhan membaca setiap orang berbeda.Selama masyarakat ingin membaca, maka kantor perpustakaan selalu siap untuk melayani. Kantor perpustakaan buka dari hari Senin hingga Jumat pukul 07.00-15.00,untuk siswa yang masih sekolah, kantor perpustakaan menambah jam layanan hari Senin-Kamis pukul 15.00-17.00, sedangkan hari jumat pukul 15.00-16.30. Pada hari Sabtu dan Minggu kantor perpustakaan buka pukul 10.00-13.00

No Response

Comments are closed.