Jember Kota Pandhalungan

Tugas Otoritas Jasa Keuangan Di Jember

Otoritas JasOtoritas Jasa Keuangan - OJKa Keuangan adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU nomor 21 tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Otoritas Jasa Keuangan, yang selanjutnya disingkat OJK, adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan:

1.     Terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel,

2.     Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan

3.     Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB. Tahun 2014 seluruh perbankan,pasar modal dan IKMB dibawah naungan OJK. Apabila masyarakat ingin berkonsultasi mencari informasi/pengaduan, masyarakat dapat datang langsung ke kantor OJK /call centre di 500655. Masyarakat diharapkan berhati hati terhadap lembaga-lembaga dan industri-industri jasa keuangan dengan berkonsultasi dengan OJK.

Dalam menerima fasilitas kredit diharapkan masyarakat memahami dan membaca perjanjiannya. OJK memapping semua industri non bank. OJK menerima semua pengaduan masalah dengan lembaga/industri jasa keuangan. OJK menyelesaikan masalah pengaduan dalam kurun waktu 20 hari apabila semua persyaratan terpenuhi dihitung sejak tgl pengaduan. OJK memiliki kewenangan melakukan penuntutan terhadap industri jasa keuangan yang terbukti merugikan masyarakat. Para konsumen yang berhubungan dengan lembaga keuangan harus menerima dokumen dan harus menyimpannya. Selain datang ke kantor OJK di jalan gajah mada atau konsumen dapat mengakses web OJK melalui OJK.go.id untuk informasi. Tahun 2013 OJK melakukan sosialisasi memperkenalkan OJK kepada masyarakat di Jember.

No Response

Comments are closed.