Jember Kota Pandhalungan

Wabup Ajak Perkuat Kesatuan dan Jaga Keutuhan NKRI

Sejumlah elemen masyarakat menggelar apel gerakan Nusantara Bersatu di depan kantor Pemkab Jember, Rabu (30/11/2016). Jajaran Kodim 0824 Jember, Yon Armed, dan Polres Jember juga terlibat dalam apel.

Tidak ada upacara dalam apel tersebut. Setelah pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, apel langsung diisi dengan orasi oleh sejumlah pimpinan lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

Hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Jember, Drs. KH Abdul Muqit Arief, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, S.H., S.I.K, MSI, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P dan Komandan Armed Letkol arm Benny Sutrisno, S. Sos.

Wabup menjelaskan pernah ada kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang berjaya. Namun dalam perjalanan sejarahnya, dua kerajaan tersebut bangkrut.

Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 berdiri negara baru, Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Pertanyaannya, apakah akan mengalami nasib seperti Majapahit, akan mengalami seperti Sriwijaya,” Wabup dalam orasinya.

Wabup menegaskan, berdiri tegaknya NKRI tergantung pada diri bangsa ini. Terlebih kondisi saat ini ada kelompok-kelompok yang akan mengganti dasar negara Pancasila. “Yang merongrong, yang akan meruntuhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Wabup pun mengajak untuk membulatkan tekad mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wabup juga mengajak menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, yang diikuti oleh kader bela negara dan ratusan massa.

Karena benih-benih perpecahan sudah kita rasakan, Wabup mengimbau agar masyarakat melaporkan apabila menemukan di sekitarnya ada benih-benih perpecahan. Segera laporkan ke kepala desa, kecamatan, polisi, maupun TNI.

“Jangan sampai mereka mempunyai ruang gerak, demi kecintaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Ketua panitia Miftahul Rahman menjelaskan apel tersebut sebagai upaya membangkitkan atau merajut rasa nasionalisme.

Pria yang akrab dipanggil Memet ini menjelaskan apel ini sebagai respon terhadap nasionalisme yang memang harus terus dijaga. “Targetnya menjaga rasa nasionalisme,” ujar Memet usai acara. (*F2)

No Response

Leave a reply "Wabup Ajak Perkuat Kesatuan dan Jaga Keutuhan NKRI"