Wabup Bantu Bangun Rumah Mbah Sutija yang Roboh

532 views

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember menyerahkan bantuan kepada Mbah Sutija.

Bantuan diberikan langsung di rumah lansia berusia 83 tahun ini, yang tak jauh dari kantor Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Jumat (5/01/2018).

Selain sandang pangan, bantuan juga untuk membangun kembali rumah Mbah Sutija.

Kepala BPBD Kabupaten Jember Widi Prasetya menjelaskan, rumah Mbah Sutija yang terbuat dari bambu ambruk setelah terjadi hujan lebat sejak Selasa sore (02/1/2018) hingga malam di daerah tersebut.

“Rabu tanggal 3 Januari pukul 09.00, sebuah rumah warga roboh dikarenakan tidak kuat menahan air hujan dan angin,” jelas Widi Prasetya.

Wabup memberikan bantuan pembangunan rumah kepada salah satu anak Bu Sutija.

Setelah itu Wabup menjenguk Mbah Sutija yang terbaring sakit. Perempuan ini dirawat di rumah anaknya yang bersebelahan.

“Ini rumahnya mau dibenerin biar cepat ditempati lagi,” ujar Wabup kepada Bu Sutija. Bu Sutija menjawab dengan suara yang pelan, nyaris tidak terdengar.

Pemerintah memberikan genteng sebanyak 1800, 1200 batu merah, dan 10 sak semen untuk membangun kembali rumah Mbah Sutija.

Personel BPBD bersama warga sekitar bergotong royong membangun kembali rumah Mbah Sutija.

Wabup berharap bantuan tersebut mampu memberikan sebuah rumah yang layak.

Keterangan warga sekitar, rumah Mbah Sutija sebelumnya berdinding gedhek dengan tiang dari bambu.

Sebelumnya, genteng rumah dibenahi karena bocor saat hujan. Namun, belum selesai dibenahi, rumah itu ambruk. Untung saat itu Mbah Sutija berada di luar rumah.

Rumah itu menjadi rumah kesayangan. Mbah Sutija tidak mau pindah ke rumah anak anaknya. Ia mau berada di rumah anaknya kala sakit saja.

“Ini menjadi sebuah momen untuk mengasah kepedulian kepada sesama,” tutur Wabup. (izza/*f2)

No Response

Comments are closed.