Wabup dan Kapolres Sidak Pasar Tanjung

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Wakil Bupati Drs. KH. A. Muqit Arief dan AKBP Kusworo Wibowo SK. SIK melakukan sidak di Pasar Tanjung, Rabu (21/06/2017).

Sidak dilakukan untuk memastikan bahan pangan maupun kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama lebaran aman dari bahan berbahaya.

Untuk itu, saat sidak juga dilaksanakan tes formalin oleh tim kesehatan. Tes formalin dilakukan pada daging dan ikan. Tes juga dilakukan ke sejumlah bahan makanan lainnya seperti bumbu, saos, dan lainnya.

Wabup menyampaikan, hasil sidak menunjukkan tidak ada formalin pada daging ayam, sapi, dan ikan. Juga tidak ditemukan bahan dagangan yang kadaluarsa. Sementara harga bahan pokok cukup stabil.

Wabup juga menegaskan Bulog menjamin stabilitas pasokan beras serta kecukupannya. Harga beras pun stabil.

“Evaluasi ini sebuah masukan bagi kami. Bukan hanya untuk tahun sekarang, stabilitas seperti ini tetap terjaga di waktu yang akan datang,” terang Wabup.

“Jika tahun ini stabil, untuk tahun berikutnya perlu diupayakan tetap stabil seperti sekarang,” tambahnya.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo menjelaskan adanya Undang-undang tentang Pangan yang melarang penggunaan bahan bahan berbahaya digunakan pada pangan.

“Ketika ditemukan adanya pelanggaran undang-undang pangan akan diproses secara pidana,” tegas AKBP Kusworo.

Selama menyusuri pasar, Wabup dan Kapolres berdialog dengan para pedagang. Diantaranya dengan pedagang daging sapi. “Kalau ada yang menawari daging sapi murah, bagaimana? Oplosan atau tidak?” tanya Kapolres.

“Kita tidak mau kalau ada yang menawari, karena harus megang dagingnya supaya tahu,” ujar pedagang sapi.

Kepada Wabup, pedagang meminta untuk ada rehab agar tidak semrawut dan tidak kotor. “Kalau sudah diperbaiki, dijaga dan dirawat. Jadi bisa belanja sambil rekreasi,” ujar wabup menanggapi permintaan rehab dari pedagang.

Wabup dan Kapolres juga mampir di toko khusus daging babi untuk memastikan sasaran penjualan. (*f2/Mutia/Izza)

No Response

Comments are closed.