Jember Kota Pandhalungan

Wabup dan Ketua TP PKK Hadiri Pembekalan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes

Wakil Bupati (Wabup)Jember Drs. KH. A. Muqit Arief dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Jember Hj. Maimunah Muqit Arief beserta tim penggerak PKK Kabupaten Jember juga segenap jajaran SKPD Kabupaten Jember menghadiri acara Pencanangan dan Pembekalan Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Kabupaten Jember 2016 yang mengusung tema “Dengan Kesatuan Gerak PKK – KB Kesehatan Kita Wujudkan Keterpaduan dan Langkah Nyata Dalam Upaya Menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Pengembangan Kampung KB”, bertempat di Aula PB. Sudirman Pemerintah Kabupaten Jember pada hari Kamis (17/11/2016).

TP PKK adalah mitra Pemerintah Kabupaten Jember di kecamatan bahkan tingkat Desa dan Kelurahan. Yang mana jika menjabarkan dan memahami dari 10 program pokok PKK, bahwa selama ini TP PKK telah menunjukkan perannya secara aktif baik di tingkat kabupaten di kecamatan bahkan tingkat desa dan kelurahan yang secara berkesinambungan sejak dulu hingga sekarang hingga waktu yang akan datang akan terus berlanjut. Hal ini sangat penting karena ketika bicara tentang keluarga secara global karena keluarga adalah komunitas dasar dalam Bangsa dan Negara, dengan keluarga yang berada di Indonesia telah sejahtera maka seluruhnya akan juga sejahtera, namun lain bila keluarga yang tidak lagi menjalankan sebagai mana fungsinya di hawatirkan menjadi bibit oleh banyak pihak.

Dengan maraknya terorisme dan narkoba ini di harapkan oleh Wabup Jember bahwa di masing-masing keluarga khususnya di Kabupaten Jember untuk benar-benar menjalankan fungsi kekeluargaannya maka persoalan-persoalan ini mungkin tidak pernah terjadi. Seperti yang telah di canangkan oleh pemerintah pada tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga.

Dan sinergisitas Pemerintah dan tim penggerak PKK harus terus berjalan seiring untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera yang meliputi kesehatan jasmani dan rohani yang juga terkandung dalam 10 program pokok tim penggerak PKK, karena orang yang sejahtera secara lahiriah belum tentu sejahtera secara batiniah. Di setiap kegiatan tim penggerak PKK hendaknya untuk selalu berkoordinasi dengan lembaga di sekitar di dalam setiap tigkatnya agar mencapai tujuan yang ingin di capai oleh PKK sendiri. Berkaitan dengan agenda pembekalan bagi tim penggerak PKK adalah suatu upaya dalam memberikan bimbingan, pembinaan, bantuan, dan fasilitasi kepada tim penggerak PKK di semua link agar dapat bersinergi dalam memprogram kegiatan yang terarah dan terpadu.

Berdasar data yang ada di Kabupaten Jember angka kematian bayi yang di targetkan sebanyak 102 per seratus ribu kelahiran hidup yang ternyata realisasinya adala 87,73 perseratus ribu kelahiran hidup sedangkan tingkat kematian ibu dengan target 29 perseribu yang realisasinya 6,28 perseribu kelahiran hidup, untuk KB aktif di targetkan sebesar 70 % yang realisasinya 73,96 % dan telah melampaui target, kasus gizi buruk di targetkan kurang dari 5% dengan realisasi 2,4% dan posyandu aktif mencapai 2.876 posyandu.

Wabup juga berpesan agar TP PKK Kabupaten Jember lebih memiliki kemampuan untuk menghimpun, menggerakkan serta membina potensi masyarakat khususnya keluarga. Kedudukan PKK bukan sekedar organisasi melainkan juga bagian dari sistem kehidupan masyarakat yang kelestariannya perlu terus di jaga dan dibina juga di tumbuh kembangkan. (Izza)

No Response

Leave a reply "Wabup dan Ketua TP PKK Hadiri Pembekalan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes"