Wabup Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Pembangunan Ekonomi

Dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2018, forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pagi tadi hingga sore hari ini melakukan paparan kinerja kepada Bupati dan Wakil Bupati. “Percepatan pembangunan infrastruktur untuk dilakukan sebagai dasar dan reformasi birokrasi dalam mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan yang mandiri dan berdaya saing,” Jelas Wakil Bupati Jember Drs. KH.Muqit Arief., Kepala Bapekab, juga sejumlah kepala OPD dan camat Se-kabupaten Jember, Rabu (08/03/17).

Menurut Kepala Bapekab, Forum OPD merupakan lanjutan dari tahapan perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan pada Musrembang tingkat desa/ kelurahan, yang menghasilkan sejumlah usulan awal, keinginan masyarakat 35 usulan 208 program 618 kegiatan. Musrembang kecamatan usulan desa/ kelurahan yang telah diversifikasi menjadi 31 usulan 177 program 545 kegiatan.

Dari usulan masyarakat tersebut akan dibahas, dimusyawarahkan, dicermati dan dirumuskan sesuai dengan 22 janji kerja bupati dan wakil bupati dengan konsep pembangunan 5 tahunan sesuai RPJMD Kabupaten Jember 2016-2021, pembangunan dimulai dari pinggiran yang berpihak kepada rakyat khususnya kaum du’afa sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan tercukupi.

Forum OPD ini benar-benar dapat berjalan secara efektif dan efisien agar mampu mengakomodasikan keragaman aspirasi dari berbagai kebutuhan yang ada di masyarakat, sehingga kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, dapat sesuai dengan kebutuhan nyata dan dapat menyentuh kebutuhan yang ada di masyarakat.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Jember, Drs. KH.Muqit Arief, menyampaikan “kegiatan ini adalah sebuah amanah, menyangkut kesejahteraan saudara saudara dikabupaten jember yang hampir 2,6 juta orang”. Forum OPD adalah rangkaian proses penyelenggaraan musrembang, bagi terwujudnya sistim perencanaan pembangunan nasional.

Guna mengoptimalkan terwujudnya pembangunan yang baik, bakal diterima masukan-masukan yang disampaikan melalui media sosial. Sebuah upaya yang belum pernah dilakukan dan tertampung. Ditingkat perencanaan sudah mengusahakan seoptimal mungkin, kadang masih ada unsur like dislike, masih ada unsur politis, sehingga masih ada aspirasi yang tertinggal.

Diharapkan dalam forum OPD berjalan secara efektif dan mampu mengakomodasi keragaman aspirasi kebutuhan yang datang dimasyarakat. Percepatan pembangunan didalam tema itu sangat masuk akal betul sebuah kosa kata yang tidak hanya menjadi sebuah jargon, harus dihayati sehingga cepat sebenarnya.

Sebuah semangat untuk terus mendorong masyarakat Kabupaten Jember yang berkesinambungan. Pemerintahan yang kreatif, ada kreasi baru membangun wilayah Kabupaten Jember, pikiran inovatif, dilandasi semangat gotong royong. APBD adalah sebuah amanah, ada pertanggungjawabannya. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Wabup Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Pembangunan Ekonomi"