Jember Kota Pandhalungan

Wabup Hadiri Dharma Santi Nyepi

IMG-20160501-WA0020

Umat Hindu di Kabupaten Jember hari ini, Minggu, 1 Mei 2016, mengadakan Dharma Santi Nyepi yang merupakan puncak rangkaian perayaan Nyepi tahun Saka 1938. Acara sakral ini dipusatkan di Pendopo Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten Jember dengan tema “Keberagaman Perekat Persatuan” diharapkan akan semakin mempererat tali silaturahmi antar sesama, terutama antar pemeluk agama. Hal itu disampaikan oleh ketua PHDI Jember, I Wayan Wesa Atmaja.

Kebahagian dan kegembiraan umat Hindu yang hadir dalam acara tersebut terasa istimewa karena dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Ketua dan pengurus FKUB, unsur Forkopimda, perwakilan PHDI Jawa timur, serta muspika Kecamatan Umbulsari, Kepala Desa Gunungsari serta tokoh agama dari perwakilan Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

“Kami bangga memiliki pemimpin seperti beliau (Kyai Muqit) karena dalam sejarah baru era sekarang ini kegiatan kami dihadiri oleh pimpinan daerah, beliau sudah dua kali menyempatkan hadir disela sela kesibukan beliau untuk menyapa kami warga Hindu, yang pertama pada saat Ogoh Ogoh beberapa saat lalu dan saat ini,” imbuhnya.

PHDI dan WHDI juga bangga dan berterima kasih atas kepedulian dan perhatian pemimpin daerah kepada mereka dan organisasi mereka. Seperti disampaikan juga oleh Ketua Panitia dari WHDI, Endang Mujiati dari Kecamatan Umbulsari, siang tadi.

Sementara Wakil Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah saatnya kita hidup rukun dan damai tanpa harus melihat minoritas dan mayoritas, perbedaan agama jangan dijadikan sekat (pemisah) antar umat beragama untuk tidak hidup harmonis.

“Kita hidup di Indonesia, inilah miniatur indonesia, the real indonesian, semua berkumpul, Islam, Nasrani, Hindu duduk bersama bersilaturahmi, diharapkan ini tidak hanya antar tokoh dan pemuka agama saja tapi bisa ditindaklanjuti oleh kita semua, saudara- saudara kita bahkan anak-anak kita.” Tegasnya. (*)

No Response

Leave a reply "Wabup Hadiri Dharma Santi Nyepi"