Wabup Hadiri Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Silo

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief menghadiri acara Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwarcab Jember 2017 di Kwarran Silo, Rabu (8/2/2017). Turut hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Jember, H. Widi Prasetyo bersama Muspika Silo. Acara yang bertempat di Buper SMP Al-Ibrahimy Pace Kecamatan Silo Jember tersebut berlangsung meriah dan sarat makna.

Ketua Panitia acara Abdul Rohman menyampaikan laporan kegiatan yaitu peserta yang hadir dari Kwarran Kabupaten Jember sebanyak 19 orang putra dan putri sebanyak 33 orang sehingga berjumlah sebanyak 52 orang peserta. Dengan kedatangan Wabup Kyai Muqit selaku Ka Kwarcab Jember di harapkan akan menambah semangat panitia untuk bersama mensukseskan program yang telah di rencanakan.

Pada rangkaian acara tersebut juga dibacakan surat keputusan pengurus pelatih pembina pramuka pelaksanaan KMD dan surat keputusan pengukuhan pelatih pembina Pramuka, anggota Pelatih Cabang gerakan Pramuka Jember dengan ini Ka. Kwarcab Jember Kyai Muqit mengukuhkan kakak-kakak Pramuka.

Sementara itu, Ka. Kwartir Ranting Silo, Sutikno yang menyampaikan bahwa peserta KMD dan semua peserta di jajaran Pendidikan, hanya ada satu yang dari kepolisian Polsek Sempolan. Dan di harapkan untuk di ikuti oleh Polsek yang lain untuk meningkatkan kepramukaan di wilayahnya masing-masing. Pembina yang khususnya di Kecamatan Silo yang begitu semangat mengamalkan semua semboyan Pramuka namun dengan honor yang minim. “Selamat kepada kakak yang telah dikukuhkan semoga kedepan kita bisa bersama-sama mengantar gerakan Pramuka di Kabupaten Jember ini sesuai dengan jati diri Pramuka,” ucap Ka. Kwarcab Kyai Muqit.

Wabup berpesan segala seuatu yang berkaitan dengan pendanaan dalam waktu dekat sudah bisa di dapatkan oleh Pemkab Jember kepada Pramuka Pramuka ini kedepannya untuk lebih di tekankan kepada pelatihan penguatan kepramukaan tidak pada kegiatan pembangunan fisik karena kegiatan fisik mungkin hanya pada saat benar-benar di butuhkan.

Dalam salah satu acara kepramukaan yang di hadiri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyampaikan bahwa bagaimana pramuka ini menjadi back to scouth dan back to nature. Secara pribadi Ka. Kwarcab Kyai Muqit mengharapkan bahwa gerakan Pramuka ini akan menjadi salah satu kekuatan real di tengah-tengah masyarakat dalam rangka untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan harapan ini agar jangan hanya menjadi mimpi di siang bolong karena di ketahui bersama bahwa kegiatan Pramuka ini sangat mengakar sampai dengan tingkat jenjang Pendidikan paling dasar dan menyebar ke seluruh Negeri.

Pernahnya berdiri kerajaan besar di Negeri ini yang luas wilayah sangat besar namun semua berakhir bukan karena agresi Negara lain melainkan memang persoalan yang ada di dalam Negeri sendiri, maka agar tidak terjadi di NKRI semua perlu bertindak maka dengan kegiatan Kepramukaan ini adalah suatu yang strategis dalam rangka untuk menanamkan rasa Nasionalisme juga rasa cinta tanah air dan sebagainya. Paham Kebangsaan dan rasa Nasionalisme juga rasa Kebinekaan harus benar-benar di tanamkan kepada adik-adik yang salah satunya dengan gerakan Kepanduan Pramuka, juga melalui kegiatan ini di rasa perlu adik-adik untuk di kenalkan juga kepada alam sekitar agar tumbuh rasa cinta dan Nasionalisme mengikut pepatah yang ada yaitu tak kenal maka tak sayang. “Marilah kita bahu-membahu dalam rangka untuk menjaga NKRI dan di tangan kitalah masa depan Negeri ini,” tuturnya.

Sebagai orang baru di gerakan Pramuka, Ka. Kwarcab Kyai Muqit menyampaikan bahwa jika bersama-sama membesarkan Pramuka di Kabupaten Jember Ka. Kwarcab Kyai Muqit meyakini bahwa inilah era kebangkitan Pramuka di Kabupaten Jember. Dan dengan adanya kantor Kwarcab maka Ka. Kwarcab Kyai Muqit dapat datang mungkin seminggu sekali untuk menyeimbangi roda kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Jember. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Wabup Hadiri Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Silo"