Jember Kota Pandhalungan

Wabup Hadiri Launching Aplikasi ATR

Launching Aplikasi Audio to Text Recording (ATR) dan e-SKUM (elektronik Surat Kuasa untuk Masyarakat) oleh Pengadilan Negeri Jember, di hadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, AKBP Sabilul Alif, perwakilan Kodim 0824, dan perwakilan dari Lapas Jember. Acara berlangsung di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Jember Jl. Kalimantan Jember, Kamis (24/11/2016).

Ketua Pengadilan Negeri Jember Bambang Hery Mulyono SH., menyampaikan sinergi yang terjalin baik bersama Kapolres Jember dan juga Kejaksaan Jember ditandai dengan tidak adanya miskomunikasi. Dalam memberikan pelayanan yang baik kantor Pengadilan Negeri Jember telah melakukan standarisasi sesuai dengan ketentuan yang ada, jika terdapat pelayanan yang kurang baik masyarakat dapat mengadukan melalui Website Pengadilan Negeri Jember yaitu http://sipp.pn-jember.go.id/ yang akan di terima langsung oleh badan pengawasan mahkamah agung, jika kriminal akan di tangani oleh bagian kriminal dimana di dalam Website tersebut terdapat aplikasi-aplikasi untuk pengaduan dengan juga CCTV yang merekam kejadian selama 24 jam.

Juga terdapat sebuah stiker sebagai sebuah petunjuk untuk tiap-tiap tempat transit seperti transit jaksa-jaksa dan berbagai profesi lainnya, juga agar terciptanya persidangan yang rapi dan tertib. Ketua Pengadilan Negeri Jember bersyukur dengan terjalinnya sinergi yang baik dengan berbagai pihak terkait dan Pengadilan Negeri Jember. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih terutama kepada staff yang memiliki kinerja yang baik dimana tidak akan lama lagi Pengadilan Negeri Jember akan mendapat akreditasi.

Sementara itu, salah satu hakim di Pengadilan Negeri Jember memaparkan presentasinya yang berisikan tentang aplikasi yang sudah di terapkan di Pengadilan Negeri Jember di antaranya aplikasi sistim informasi putusan perkara atau sipp yaitu sistem transparansi perkara baik perkara masuk atau keuangan perkara hingga perkara lengkap dengan putusannya juga dapat mencari jadwal persidangan.

Juga terdapat aplikasi ijin penyitaan online yang mana telah dilakukan MOU bersama Kepolisian Resort Jember. Penggunaan aplikasi ATR ini di latar belakangi oleh banyaknya kejadian perkara dalam setahun, maka untuk menyelesaikannya cukup lama dengan adanya aplikasi ATR yaitu merubah suara menjadi text ini dapat mempermudah dalam mengerjakan laporan perkara karena suara dan text di buat dalam waktu bersamaan dan juga aplikasi e-SKUM dimana data masyarakat yang mengajukan gugatan di wajibkan membayar biaya panjar yang mana masyarakat sebelumnya masih bingung berapa biaya panjar. Demikian juga pihak Pengadilan yang dulunya menghitung manual maka akan di upayakan untuk penggunaan e-SKUM di pengadilan agar terciptanya peradilan yang agung dan modern.

Dalam forum ini juga AKBP Sabilul Alif menginformasikan sebuah aplikasi yang dimana telah terjalin kerjasama antar Kepolisian Jember, Kejaksaan Jember, Pengadilan Jember dan juga Lapas Jember yang mungkin akan menjadi suatu contoh bagi Nasional yang mana nanti juga aplikasi ini akan di paparkan pada Kapolda.

Dimana AKBP Sabilul telah memilki sebuah aplikasi di smartphone yang menjelaskan bagaimana keadaan lapas. Adanya aplikasi ijin penggeledahan dan sita online mempermudah proses ini dimana saat laporan telah dikirimkan akan langsung di terima oleh pengadilan dan sangat konsisten dimana adanya data kurang akan langsung terjawab dan di lengkapi oleh kepolisian maka selesailah laporan tersebut, MOU ini telah berjalan kurang lebih selama setahun.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember menyampaikan sinergitas yang baik antara eksekutif dan yudikatif merupakan tugas bersama dalam mengawal dalam menegakkan hukum di Kabupaten Jember.

Wabup juga berharap Pengadilan Agama juga bisa bekerjasama dengan Kapolres. “Atas nama Pemkab Jember kami mengucapkan selamat dan mendukung sepenuhnya atas langkah-langkah yang telah di lakukan Pengadilan Negeri Jember, dengan gedung baru dan inofasi baru.” Tuturnya. Juga di harapkan oleh Wabup pihak eksekutif untuk bisa mengikuti langkah-langkah ini, yang bermanfaat bagi masyarakat Jember.

Di Kabupaten Jember masih banyak masyarakat yang tergolong miskin maka telah di bahas untuk anggaran masyarakat miskin yang masuk proses hukum, maka jika ada masyarakat miskin masuk proses hukum yang membutuhkan dana dimana dana ini akan di danai oleh Pemkab Jember. (Izza)

No Response

Leave a reply "Wabup Hadiri Launching Aplikasi ATR"