Wabup Hadiri Muskerda PMI

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief di dampingi Ketua PMI Kabupaten Jember, Sukaryo SH., menghadiri Musyawarah Kerja (Musker) Kabupaten Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember. Musker yang mengangkat tema “PMI Berkarakter, Profesional, Mandiri dan di cintai Masyarakat” diselenggarakan di Jl. Jawa Kantor Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember, Rabu (22/2/2017).

Selaku Ketua PMI Jember Sukaryo, SH., menyampaikan upaya mewujudkan sinergitas program PMI dengan prioritas pembangunan Kabupaten Jember, yang mana sinergitas adalah salah satu aspek penting dalam memprogram pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat membangun produktifitas pembangunan, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah melainkan juga tanggungjawab masyarakat.

Dengan ini PMI telah memantapkan untuk aktif dalam upaya pembangunan dengan mendukung dan membantu Pemerintah mengatasi segala permasalahan di masyarakat. “Untuk itu PMI Kabupaten Jember telah melakukan upaya formulasi program yang dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember.” Terangnya.

Sesuai dengan analisis pada RPJMD Kabupaten Jember sebagai dasar dan kebijakan PMI Kabupaten Jember ada empat poin aktifitas yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan pekerja penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana, peningkatan kualitas dan prestasi kepemudaan. Terkait kebijakan dan program masa bhakti 2014-2019 di antaranya yaitu layanan ambulan gratis khusus laka lantas, layanan posko yang di lakukan pada hari-hari besar dan Desa binaan kesiapsiagaan berbasis masyarakat.

Kebijakan dan program yang telah di susun diharapkan kedepanya bisa membuat PMI berkontribusi dalam Pembangunan Kabupaten Jember demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jember.
“PMI tidak dapat berjalan sendiri untuk itu PMI perlu perhatian dari semua pihak, kami pengurus PMI Kabupaten Jember bertekad untuk membimbing dan mengoptimalkan aset-aset yang ada untuk menjadi sumber pendapatan,” imbuhnya.

Sementara itu, pada acara tersebut, Wabup Kyai Muqit menyerahkan piagam donor darah kepada 5 orang pendonor 50 kali dan 25 kali serta penghargaan 1 orang sukarelawan. Di sisi lain, terkait dengan bencana yang sekarang marak terjadi, yang di sebabkan manusia dan juga faktor alam, harus menjadi perhatian semua pihak untuk itu PMI yang tidak dapat berjalan sendiri maka sinergi di perlukan bersama BPBD atau Dinas Sosial beserta semua elemen.

Musyawarah Kerja yang di laksanakan ini merupakan momentum yang strategis untuk melakukan evaluasi yang pernah di lakukan sebelumnya, begitu juga program yang di buat dengan sebaik-baiknya, berdasarkan pengalaman yang lalu persoalan-persoalan yang terjadi saat ini membutuhkan gerak cepat, di harapkan kepada PMI Kabupaten Jember untuk terus meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi karena tantangan sangat dinamis sekali.

Dalam kegiatan Musyawarah Kerja ini juga di harapkan dapat menghasilkan putusan-putusan yang efektif, efesien dan tepat sasaran. Wabup Kyai Muqit meminta kepada peserta yang ikut serta dalam kegiatan kemanusiaan ini yang akarb dengan ketulusan untuk terus di pupuk dan di kembangkan. “kita dapat memberi kehidupan kepada semua orang walau hanya satu tetes darah melalui gerakan PMI,” tuturnya.

Bagian dari kegiatan PMI Kabupaten Jember yaitu pengarah pedonor ialah komunitas instansi maupun perorangan yang mengadakan acara donor rutin dan dari komunitas grebek sedekah yang mengadakan donor di beberapa tempat seperti cafe dan di kalangan remaja. “Untuk fasilitas dari PMI Jember sudah bagus dan untuk kedepannya hanya di perlukan kantong lebih banyak,” jelas Yonara Intan Profesi Wirausaha dari komunitas grebek sedekah yang memang sebagian besar anggotanya wirausahawan. (Izza)

No Response

Leave a reply "Wabup Hadiri Muskerda PMI"