Jember Kota Pandhalungan

Wabup Hadiri Penyerahan DIPA 2017 di KPPN

Wakil Bupati (Wabup) Jember Drs. KH. A. Muqit Arief menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2017 Dalam Wilayah Pembayaran KPPN Jember yang bertemakan “Mari Kita Wujudkan Penggunaan APBN Tahun Anggaran 2017 secara Kredibel dan Transparan” di kantor KPPN Kabupaten Jember, Selasa (20/12/2016).

Menurut Kepala KPPN Jember Drs. Suparman bahwa alokasi dana DIPA dan transfer di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember saat ini berjumlah kurang lebih Rp. 4,2 T. Sedangkan dana tugas bantuan yang dulu banyak, sekarang tinggal dua yaitu Pertanian Lumajang dan Pertanian Jember, dengan keterangan dana yang masuk Pemkab ialah dengan dana transfer dan transdesa sekitar Rp. 47 T yang terbagi dana bagi hasil Rp. 28,4 M, dana alokasi umum Rp. 1,8 T, dana alokasi fisik sebesar Rp. 154,4 M, dana alokasi khusus non fisik Rp. 342,8 M, dana bagi hasil pajak Rp. 59,7 M, dana insentif daerah Rp. 7,5 M, dana desa Rp. 205,10 M, dana transfer ke Lumajang dan dana desa juga Rp. 1,5 T, dana bagi hasil Rp. 27,7 M, dana alokasi umum hampir Rp. 1 T, dana alokasi khusus fisik Rp. 86,5 M, dana alokasi khusus non fisik Rp. 224,9 M, dana bagi hasil pajak Rp.31,9 M, dana insentif daerah Rp. 75 M dan dana desa kurang lebih Rp.165 M.

Dalam rangka meningkatkan kualitas KPPN 2017 perlu di lakukan upaya percepatan pelaksanaan kegiatan proyek terutama untuk pembangunan infrastruktur dan pengadaan barang jasa dalam skala besar proses percepatan tersebut dapat di lakukan dengan melaksanakan proses pengadaan barang jasa sebelum tahun 2017 adapun proses pengadaan barang jasa tersebut antara lain meliputi penyusunan dokumen lelang, pengumuman lelang, pengadaan lelang dan penetapan pemenang lelang, yang rangkaian proses tersebut di laksanakan sesegera mungkin setelah APBN di tetapkan namun penandatangan di berikan setelah penandatanganan DIPA di sahkan.

Sementara itu, Pembantu Rektor 2 Universitas Jember, Drs. Wachju Subchan M.S. Ph.D yang bersyukur terhadap pelayanan dan koordinasi yang baik dari KPPN. Yang mana sebagai pengelola keuangan ini juga bersyukur berada dalam naungan KPPN dengan harapan koordinasi yang baik dalam naungan KPPN Jember lebih di tingkatkan lagi dalam memperteguh memperkukuh seluruh kinerja yang baik dan di tingkatkan bersama untuk kedepannya.

Kemudian acara di lanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DIPA TA. 2017 secara simbolis oleh Kepala KPPN Jember bersama Polres Jember, KPP Pratama Jember, Kantor Pertanahan Jember, Pengadilan Negeri Lumajang dan Kantor Kemenag Lumajang.

Di sisi lain, Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief yang menyampaikan bahwa terdapat rasa pesimis terhadap pengelolaan anggaran yang ada namun saat ini harus dapat bekerja dengan optimisme yang tinggi, harus di tunjukkan arti penting daerah dalam persoalan-persoalan pembangunan yang ada dan atas dasar tersebut di perlukan sinergi yang berkesinambungan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi pembangunan kedepan yang di laksankan dari pinggiran.

KPPN juga membutuhkan sinergi dari semua pihak untuk kinerja bersama menjadi lebih baik dan diminta kepada segenap pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember agar bergerak cepat agar kegiatan pembangunan dapat mulai efektif berjalan sejak di awal tahun untuk menggerakkan perekonomian daerah peran swasta juga di butuhkan untuk menciptakan nilai tambah yang mendorong produktifitas dan inovasi. Wabup Kyai Muqit juga berpesan untuk mengupayakan menghilangkan berbagai hambatan kemudahan berusaha sehingga dapat meningkatkan daya saing yang tidak hanya di tingkat lokal juga tingkat regional.

Pada akhir acara, di akhiri dengan Pembacaan surat keputusan Kepala KPPN Jember bagi satuan kerja yang berprestasi serta penganugerahan piagam penghargaan kepada Pengadilan Negeri Lumajang, Balai Taman Nasional Meru Betiri, MTsN Sukowono oleh Wabup Kyai Muqit, juga penyerahan DIPA TA. 2017 kepada KPA di Wilayah pembayaran KPPN Jember. (Izza)

No Response

Leave a reply "Wabup Hadiri Penyerahan DIPA 2017 di KPPN"