Campak Rubella

Wabup Hadiri Sosialisasi Produk Hukum Daerah

Pemerintah Kabupaten Jember melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jember mensosialisasikan beberapa Peraturan Daerah (Perda) sebagai produk hukum daerah. Acara bakal digelar selama dua hari dan dimulai pada hari ini, Senin (21/08/2017) di Aula Dinas Pendidikan.

Untuk hari ini, ada dua peraturan daerah yang disosialisasikan yakni Perda No. 8 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Perda No. 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas.

Sosialisasi dihadiri sejumlah kalangan politisi, kepala dinas, pekerja sosial, aktivis sosial, relawan, ormas, akademisi, wartawan, dan kaum difabel.

Asisten Pemerintahan Daerah Hadi Mulyono mengatakan, sosialisasi produk hukum daerah bertujuan untuk menyebarluaskan produk produk hukum di Jember.

“Dan meningkatkan pengetahuan hukum bagi jajaran pemerintahan, utamanya peraturan daerah yang baru,” terang Hadi Mulyono dalam laporannya.

Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief yang berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan, Indonesia adalah negara hukum. “Konsekuensinya, segala aktivitas pemangku kebijakan berlandaskan hukum,” ungkap Wabup.

Hukum memiliki posisi yang penting di segala aktivitas.

Bicara soal hukum, lanjut Wabup, ada friksi yang menyebutkan siapapun harus dianggap mengerti hukum. “Namun secara realitas tidak semua mengerti hukum,” tutur Wabup. Dan, masyarakat yang tahu tidak mengerti semua hukum.

Hukum sebagai produk yang telah dilahirkan, juga perlu direvisi jika memang ada ketidaksesuaian dengan aturan hukum yang lain atau kondisi dikemasyarakatan.. “Karena kehidupan itu dinamis,” Imbuhnya.

“Friksi hukum dan realitas yang ada perlu menjadi pertimbangan kita,” ujar pria yang juga pengasuh pondok ini.

Masyarakat tidak mengetahui hukum banyak penyebabnya. Diantaranya akses untuk mengetahui hukum yang kurang. “Sosialisasi produk hukum, menjadi sesuatu yang penting untuk diikuti. Tolong pemahaman yang didapat juga disebarluaskan ke masyarakat,” tegas Wabup.

Sementara itu, pada hari kedua, Selasa (22/08/2017) akan mensosialisasikan Perda No. 7 Tahun 2015 tentang Desa dan Perda No. 6 Tahun 2016 tentang Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin. (*f2/Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.