Wabup : Jangan Sampai PAW Malah Merusak Tatanan yang Sudah Ada

Proses demokrasi pemilihan kepala desa pergantian antar waktu (PAW) yang dilaksanakan di tiga desa, Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Tamansari, Kecamatan Wuluhan, dan Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Jember berjalan dengan lancar sesuai ketentuan yang berlaku. Kesemua calon dari ketiga desa yang melaksanakan pilkades PAW, 1. Sunarsih, 2. Siti Munfarida, dari Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah dan 1. Hadi Supeno, 2. Watimin, 3. Dian Lokha, dari Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan serta 1. Hendro, 2. Sugito AR, 3. H Aan, sepakat pesta demokrasi yang dilaksanakan harus berjalan sesuai aturan, selain itu juga mereka menyatakan kesiapan untuk menerima hasilnya, menang ataupun kalah.

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief, yang memantau jalannya pilkades PAW diketiga desa tersebut, menyampaikan pesan, agar pelaksanaan pilkades yang sedang dilangsungkan, bisa membawa dampak positif bagi kemajuan desanya di masa depan serta menjadikan masyarakatnya lebih sejahtera.

“Kedepan, setiap desa akan mengelola dana desa yang dibilang cukup besar. Untuk itu sangat perlu tipe kepemimpinan yang sangat mumpuni,” harap Wabup Muqit Arief, (Rabu, 11/10/2017).

Demikian juga terhadap pelaksanaan pilkades itu sendiri, Wabup berpesan, karena pada akhirnya akan ada yang menang dan kalah, maka dengan segala kebesaran jiwa harus siap menerima kenyataan. Jangan sampai PAW yang pada dasarnya untuk memperbaiki keadaan, justru malah merusak tatanan yang sudah ada.

“Siapapun yang menang harus tetap didukung dan yang kalah harus siap dengan kekalahan. Jika kalah sekalipun, jika memang ada hasrat untuk memajukan desa, tentu akan melakukan sesuatu untuk memajukan desa,” tegas Wabup Muqit.

Pada akhir pernyataannya, wabup berpesan agar menjaga kebersamaan dan persaudaraan. Karena sejatinya, PAW merupakan sebuah upaya untuk membangun desa.

Karena itu diharapkan, PAW yang dilaksanakan bisa menghasilkan pemimpin yang peduli terhadap desa, cinta kepada rakyatnya dan bisa membangun desa secara keseluruhan. “Siapapun yang mendukung siapa, silahkan, tetapi laksanakan dengan jujur, langsung, umum dan rahasia,” tambahnya. (Izza. Red : Indra GM)

 

No Response

Comments are closed.